Pan, Maria Alinsia (2020) Pengaruh model pembelajaran argument driven inquiry (ADI) berbasis science, enviroment, technologi, and society (SETS) ditinjau dari gaya kognitif terhadap pemahaman konsep dan keterampilan argumentasi ilmiah siswa SMA pada materi larutan penyangga / Maria Alinsia Pan. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pembelajaran kimia pada topik larutan penyangga di sekolah sering terpusat pada kemampuan algoritmik (perhitungan) kimia dibandingkan kemampuan menemukan konsep. Pemahaman konsep secara benar dan komprehensif diperlukan untuk menyajikan argumentasi yang baik dan rasional masih menjadi kesulitan bagi siswa. Oleh karena itu diperlukan inovasi pembelajaran yang berintegrasi pada pemahaman konsep dan argumentasi ilmiah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran ADI berbasis SETS terhadap pemahaman konsep siswa dan keterampilan argumentasi ditinjau dari gaya kognitif siswa pada materi larutan penyangga. Penelitian ini menggunakan rancangan quasi experiment posstest only control group dengan factorial (2 x 2) version of non-equivalent design terkait pengaruh dua variabel bebas terhadap kelompok sampel yang diselidiki secara serempak. Penelitian melibatkan 2 kelas yaitu kelas eksperimen yang dibelajarkan menggunakan ADI berbasis SETS dan kelas kontrol yang dibelajarkan menggunakan ADI. Pemahaman konsep siswa diukur dengan instrumen tes pilihan berganda sebanyak 18 soal (r 0 818) sedangkan keterampilan berargumentasi ilmiah diukur dengan instrumen tes uraian sebanyak 5 soal (r 0 807). Hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan uji statistika two-way ANOVA untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh ADI berbasis SETS dan gaya kognitif terhadap pemahaman konsep dan keterampilan argumentasi ilmiah siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran ADI berbasis SETS berpengaruh positif dalam meningkatkan pemahaman konsep dan keterampilan argumentasi ilmiah siswa. Hal tersebut terlihat dari rata-rata skor pemahaman konsep siswa pada kelas ADI-SETS (rata-rata 76 78) lebih tinggi daripada siswa pada kelas ADI rata-rata 71 60). Hasil serupa ditunjukkan pula pada rata-rata skor keterampilan argumentasi ilmiah siswa pada kelas ADI-SETS (rata-rata 75 35) lebih tinggi daripada siswa pada kelas ADI (rata-rata 69 44). Selain itu terdapat pengaruh gaya kognitif terhadap pemahaman konsep dan keterampilan argumentasi ilmiah siswa. Penerapan model pembelajaran lebih maksimal pada siswa dengan gaya kognitif reflektif dibandingkan gaya kognitif impulsif.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S2 Pendidikan Kimia |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 09 Apr 2020 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2020 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/160534 |
Actions (login required)
View Item |