Pengembangan bahan ajar berbasis multiple representation pada pembelajaran blended learning materi larutan elektrolit nonelektrolit dan sifat koligatif larutan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan self regulated learning mahasiswa / Desy Ratna Sugiarti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar berbasis multiple representation pada pembelajaran blended learning materi larutan elektrolit nonelektrolit dan sifat koligatif larutan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan self regulated learning mahasiswa / Desy Ratna Sugiarti

Sugiarti, Desy Ratna (2020) Pengembangan bahan ajar berbasis multiple representation pada pembelajaran blended learning materi larutan elektrolit nonelektrolit dan sifat koligatif larutan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan self regulated learning mahasiswa / Desy Ratna Sugiarti. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Larutan elektrolit non elektrolit dan sifat koligatif larutan adalah dua materi yang dipelajari di kimia dasar II. Materi ini memiliki karakteristik yaitu bersifat konseptual algoritmik dan kontekstual sehingga dapat dengan mudah dipelajari dengan menggunakan tiga karakteristik kimia yaitu makroskopik submikroskopis dan simbolik. Pengalaman belajar seperti ini sangat relevan untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi salah satunya adalah berpikir kritis. Namun penelitian menunjukkan bahwa lulusan perguruan tinggi masih kurang memiliki kemampuan berpikir kritis. Salah satu penyebabnya adalah bahan ajar yang digunakan tidak memuat 3 karakteristik kimia. Blended learning merupakan salah satu materi ajar yang mengaplikasikan 3 karakteristik kimia. Selain itu blended learning dapat melatih self regulated mahasiswa karena sebagian pembelajaran dilakukan online. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan bahan ajar kimia berbasis multiple representarion pada materi larutan elektrolit non elektrolit dan sifat koligatif larutan yang layak dan untuk mengetahui keefektifan bahan ajar tersebut dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan self regulated mahasiswa. Model pengembangan mengacu pada Lee amp Owens yang memiliki lima langkah 1) penilaian / analisis 2) desain 3) pengembangan 4) implementasi dan 5) evaluasi. Penelitian dilakukan pada mahasiswa program studi IPA semester II. Bahan yang dipilih adalah larutan elektrolit-nonelektrolit dan sifat koligatif. Hasil uji validasi ahli dan keterbacaan diperoleh rata-rata 73% dan 80% yang menyatakan kriteria valid namun perlu dilakukan sedikit revisi sebelum digunakan agar dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Nilai rata-rata n-gain kemampuan berpikir kritis dan self-regulated learning diperoleh sebesar 0 4 dan 0 35 yang menunjukkan kriteria sedang. Dapat disimpulkan bahwa bahan ajar valid dan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan pengaturan diri siswa

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S2 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Apr 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/160532

Actions (login required)

View Item View Item