pengaruh multimedia dan model konkret terhadap pemahaman konsep stereokimia mahasiswa ditinjau dari kemampuan berpikir ilmiah yang berbeda / rooserina kusumaningdyah - Repositori Universitas Negeri Malang

pengaruh multimedia dan model konkret terhadap pemahaman konsep stereokimia mahasiswa ditinjau dari kemampuan berpikir ilmiah yang berbeda / rooserina kusumaningdyah

Kusumaningdyah, Rooserina Kusumaningdyah (2021) pengaruh multimedia dan model konkret terhadap pemahaman konsep stereokimia mahasiswa ditinjau dari kemampuan berpikir ilmiah yang berbeda / rooserina kusumaningdyah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Materi Stereokimia digolongkan ke dalam salah satu materi yang sulit bagi mahasiswa dibuktikan oleh banyak penelitian. Banyak mahasiswa mengalami kegagalan dalam menguasai materi tersebut padahal materi ini menjadi dasar dalam mempelajari materi-materi lain dalam kimia. Memahami konsep Stereokimia membutuhkan kemampuan berpikir ilmiah yang baik. Masih banyaknya mahasiswa dengan kemampuan berpikir ilmiah yang rendah menjadi penyebab rendahnya pemahaman konsep terhadap materi tersebut. Untuk mengatasi rendahnya kemampuan berpikir ilmiah mahasiwa maka diperlukan alat bantu dalam pembelajaran untuk membantu mahasiswa memahami konsep Stereokimia. Alat bantu tersebut dapat berupa model manipulatif yaitu model konkret atau multimedia. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mendeskripsikan kemampuan berpikir ilmiah mahasiswa (2) mendeskripsikan pemahaman konsep Stereokimia mahasiswa (3) menguji hubungan antara kemampuan berpikir ilmiah dan pemahaman mahasiswa terhadap materi Stereokimia (4) menguji perbedaan pemahaman materi Stereokimia antara mahasiswa yang dibelajarkan dengan alat bantu multimedia dan yang dibelajarkan dengan alat bantu model konkret. Penelitian ini menggunakan rancangan eksperimen semu faktorial 2 times 2 dengan populasi seluruh mahasiswa yang terdaftar di semester 2 periode 2020-2021 pada departemen pendidikan kimia Universitas Negeri Malang. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yang dipilih menggunakan cluster random sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan berpikir ilmiah dan tes pemahaman materi Stereokimia. Tes kemampuan berpikir ilmiah diadopsi dari Classroom Test of Scientific Reasoning (CTSR) Multiple Choice Version edisi revisi tahun 2000 yang dikembangkan oleh Lawson. Tes kemampuan berpikir ilmiah CTSR terdiri dari 24 butir soal pilihan ganda. Tes pemahaman materi Stereokimia berupa tes uraian yang terdiri dari 10 soal dengan validitas isi sebesar 97 0% dan koefisien reliabilitas diukur menggunakan persamaan Alpha Cronbach sebesar 0 87. Data penelitian dianalisis menggunakan Rank- Spearman correlation dan analisis Mann Whitney Independet T-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kemampuan berpikir ilmiah mahasiswa termasuk dalam kategori sedang (2) pemahaman konsep mahasiswa terhadap materi Stereokimia sesudah pembelajaran masih dalam kategori rendah (3) terdapat hubungan antara kemampuan berpikir ilmiah dengan pemahaman mahasiswa pada materi Stereokimia (signifikansi lt 0 05) (4) tidak terdapat perbedaan pemahaman materi Stereokimia mahasiswa yang dibelajarkan dengan alat bantu multimedia dengan yang dibelajarkan dengan alat bantu model konkret (signifikansi gt 0 05).

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S2 Pendidikan Kimia
Depositing User: library UM
Date Deposited: 18 Aug 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/160531

Actions (login required)

View Item View Item