Profil kemampuan komunikasi matematis tulis siswa kelas VIII-H SMP Negeri 2 Gandusari, Blitar pada materi sistem persamaan linear dua variabel ditinjau dari kemampuan kognitifnya / Asti Putri Alfasani

Alfasani, Asti Putri (2017) Profil kemampuan komunikasi matematis tulis siswa kelas VIII-H SMP Negeri 2 Gandusari, Blitar pada materi sistem persamaan linear dua variabel ditinjau dari kemampuan kognitifnya / Asti Putri Alfasani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Alfasani, Asti Putri. 2017. Profil Kemampuan Komunikasi Matematis Tulis Siswa Kelas VIII-H SMP Negeri 2 Gandusari, Blitar pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Ditinjau dari Kemampuan Kognitifnya. Skripsi, Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Sri Mulyati, M.Pd. Kata Kunci: komunikasi matematis tulis, kemampuan kognitif, sistem persamaan linear dua variabel Matematika merupakan mata pelajaran yang sangat penting dan diajarkan di berbagai jenjang pendidikan. Matematika juga merupakan dasar dari berbagai bidang ilmu dan perkembangan teknologi. Karena itulah, peserta didik harus dibekali dengan penguasaan matematika yang kuat sejak dini. Salah satu indikator keberhasilan pembelajaran matematika yaitu kemampuan komunikasi matematis. Pendidik harus mengetahui kemampuan komunikasi matematis peserta didiknya, terutama kemampuan komunikasi matematis tulis. Oleh karena itu, perlu adanya penelitian untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis tulis peserta didik, salah satunya dengan melihat perbedaannya pada siswa dengan beragam kemampuan kognitif. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang pengambilan datanya menggunakan tes kemampuan kognitif dan tes kemampuan komunikasi matematis tulis. Subjek dalam penelitian ini adalah tiga orang siswa kelas VIII-H di SMP Negeri 2 Gandusari, Blitar, yang masing-masing berasal dari kelompok siswa dengan kemampuan kognitif yang berbeda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek dengan kemampuan kognitif tinggi memiliki kemampuan komunikasi matematis tulis yang menempati level 4 pada kedua soal yang diberikan. Level 4 berarti subjek mampu memahami, mengungkapkan, dan menafsirkan gagasan matematis dengan baik. Subjek dengan kemampuan kognitif sedang memiliki kemampuan komunikasi matematis tulis level 4 pada soal pertama dan level 1 pada soal kedua. Level 1 berarti subjek secara umum cukup mampu mengungkapkan dan menafsirkan gagasan matematis dengan baik namun kurang mampu memahami gagasan matematis. Subjek dengan kemampuan kognitif rendah memiliki kemampuan komunikasi matematis tulis level 2 untuk soal pertama dan level 0 untuk soal kedua. Level 2 berarti subjek mampu memahami gagasan matematis dengan baik, namun kurang mampu mengungkapkan dan menafsirkan informasi. Pada soal kedua, kemampuan komunikasi matematis tulis subjek menempati level 0, yang berarti subjek kurang mampu memahami maupun mengungkapkan gagasan matematis dengan tepat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/16053

Actions (login required)

View Item View Item