Nursafitri, Mauliana Nursafitri (2021) pengaruh model pembelajaran learning cycle 5e dengan analogi terhadap pemahaman konsep dan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi laju reaksi / mauliana nursafitri. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Laju reaksi memiliki karakteristik materi yang kompleks yakni terdiri dari konsep yang bersifat abstrak konsep terdefinisi hitungan matematis grafik dan melibatkan pemahaman multirepresentasi (makroskopik submikrokopik dan simbolik) yang dapat membuat siswa mengalami kesulitan dalam memahaminya. Salah satu alternatif yang dapat diberikan adalah menerapkan model pembelajaran learning cycle 5E. Learning cycle 5E merupakan salah satu pembelajaran berbasis konstruktivis dimana pengetahuan dapat dibangun sendiri oleh siswa sedangkan guru berperan sebagai fasilitator dalam mengkonstruk pengetahuan siswa melalui pertanyaan-pertanyaan yang terstruktur sejak fase engangement hingga fase elaboration. Selain itu learning cycle 5E memberi kesempatan kepada siswa untuk menunjukkan kemampuan awalnya dan mendiskusikan ide-ide yang dimilikinya. Akan tetapi model pembelajaran learning cycle 5E masih memiliki kendala dalam penerapannya. Siswa cenderung susah untuk menjelaskan fenomena-fenomena yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu dibutuhkan suatu analogi untuk membantu siswa dalam memahami materi laju reaksi. Analogi disajikan dalam bentuk fenomena atau peristiwa dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan topik pembelajaran. Analogi ditambahkan ke dalam fase engangement dengan tujuan memperjelas fenomena terkait materi yang diberikan sehingga mampu menarik perhatian siswa. Selain itu analogi juga dapat diterapkan pada fase explanation guru memberikan suatu analogi yang relevan terkait materi yang dipelajari. Penerapapan learning cycle 5E yang dipadukan dengan analogi ini diharapkan dapat membantu siswa dalam memahami konsep dan mengasah kemampuan berpikirnya termasuk berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran learning cycle 5E dengan analogi terhadap pemahaman konsep dan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi laju reaksi. Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan eksperimental semu dengan pretest-posttest control group design. Teknik penentuan sampel dilakukan secara cluster random sampling. Penelitian dilakukan pada siswa kelas XI IPA 6 sebagai kelas eksperimen 1 XI IPA 5 sebagai kelas eksperimen 2 dan XI IPA 4 sebagai kelas kontrol di SMAN 8 Malang. Data hasil penelitian meliputi data kemampuan awal (pretest) data pemahaman konsep dan data keterampilan berpikir kritis siswa. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat (uji normalitas dan uji homogenitas) dan uji Anova. Instrumen yang digunakan untuk mengukur pemahaman konsep dan keterampilan berpikir kritis terdiri dari 15 butir soal pemahaman konsep (r 0 840) dan 15 butir soal berpikir kritis (r 0 827). Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelaran learning cycle 5E dengan analogi berpengaruh positif dalam meningkatkan pemahaman konsep dan keterampilan berpikir kritis siswa. Hal tersebut dapat dilihat hasil uji Anova data pemahaman konsep dan berpikir kritis yang memiliki nilai signifikansi 0 000 (sig lt 0 05). Rata-rata pemahaman konsep siswa pada kelas yang dibelajarkan dengan LC 5E dengan analogi (77 45) LC 5E (65 30) model pembelajaran konvensional (52) sedangkan rata-rata keterampilan berpikir kritis siswa pada kelas yang dibelajarkan dengan LC 5E dengan analogi (78 38) LC 5E (54 79) dan model pembelajaran konvensional (44 45). Analisis d-effect size dan N-gain data pemahaman konsep berturut-turut pada kelas LC 5E dengan analogi termasuk dalam kategori tinggi (4 dan 0 65) LC 5E dengan kategori medium (2 42 dan 0 49) dan kelas konvensional termasuk kategori di bawah medium (1 38 dan 0 36). Analisis d-effect size dan N-gain data berpikir kritis berturut-turut pada kelas LC 5E dengan analogi termasuk dalam kategori tinggi (3 92 dan 0 67) LC 5E dengan kategori medium (1 95 dan 0 33) dan kelas konvensional termasuk kategori rendah (1 23 dan 0 16).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S2 Pendidikan Kimia |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 26 Aug 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/160528 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |