Pengaruh model pembelajaran learning cycle 5e berbantuan e-scaffolding pada materi laju reaksi terhadap pemahaman konsep dan keterampilan argumentasi ilmiah siswa ditinjau dari motivasi berprestasi berbeda / Vrisca Bella Cylindrica - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran learning cycle 5e berbantuan e-scaffolding pada materi laju reaksi terhadap pemahaman konsep dan keterampilan argumentasi ilmiah siswa ditinjau dari motivasi berprestasi berbeda / Vrisca Bella Cylindrica

Cylindrica, Vrisca Bella Cylindrica (2021) Pengaruh model pembelajaran learning cycle 5e berbantuan e-scaffolding pada materi laju reaksi terhadap pemahaman konsep dan keterampilan argumentasi ilmiah siswa ditinjau dari motivasi berprestasi berbeda / Vrisca Bella Cylindrica. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Laju reaksi merupakan materi yang memuat konsep abstrak hitungan matematis grafik dan melibatkan multirepresentasi. Karakteristik materi laju reaksi yang kompleks tersebut menyebabkan siswa kesulitan dalam memahami materi laju reaksi. Pemahaman konseptual siswa yang rendah ini berdampak pada rendahnya keterampilan argumentasi ilmiah siswa dimana siswa tidak mampu memberikan penjelasan ilmiah untuk mendukung claim mereka. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran learning cycle 5E berbantuan e-scaffolding pada materi laju reaksi terhadap pemahaman konsep dan keterampilan argumentasi ilmiah siswa dengan motivasi berprestasi berbeda. Rancangan penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimental pretest posttest control group design. Siswa pada kelas eksperimen dibelajarkan menggunakan learning cycle 5E berbantuan e-scaffolding dan siswa kelas kontrol dibelajarkan model pembelajaran learning cycle 5E. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA pada salah satu SMA Negeri di Pare tahun akademik 2020/2021. Pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Random Sampling dan didapatkan kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol. Instrumen perlakuan yang digunakan adalah silabus (validitas 96%) RPP eksperimen (validitas 97 4%) RPP kontrol (validitas 97 1%) UKBM eksperimen dan kontrol (validitas 94 4%). Instrumen pengukuran yang digunakan adalah angket motivasi berprestasi instrumen tes pemahaman konsep dan keterampilan argumentasi ilmiah berupa soal pilihan ganda beralasan terbuka. Hasil analisis reliabilitas item soal dari 18 soal yang valid didapatkan nilai Alpha Cronbach rsquo s sebesar 0 928 untuk soal pemahaman konsep dan 0 981 untuk soal keterampilan argumentasi ilmiah siswa. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan pemahaman konsep dan keterampilan argumentasi ilmiah yang signifikan serta ada perbedaan tingkat pemahaman konsep dan keterampilan argumentasi ilmiah siswa dengan berbagai tingkat motivasi berprestasi yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 5E berbantuan e-scaffolding dan model pembelajaran Learning Cycle 5E pada materi laju reaksi. Pada penelitian ini tidak ditemukan adanya interaksi antara motivasi berprestasi siswa dengan model pembelajaran yang mengindikasikan bahwa model pembelajaran tersebut dapat diterapkan pada berbagai kondisi motivasi berprestasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S2 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Sep 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/160527

Actions (login required)

View Item View Item