Himmah, Elok Faiqataul Himmah (2021) Creative thinking dan scientific reasoning siswa pada hybrid problem based learning (h-pbl) terintegrasi scaffolding / ELOK FAIQATAUL HIMMAH. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kemampuan creative thinking menjadi penting untuk dimiliki siswa di abad ke 21 ini. Hal ini dikarenakan dengan kemampuan ini siswa dapat menghasilkan produk baru solusi baru dan ide-ide baru sehingga siswa dapat menyelesaikan masalah belajar serta diharapkan juga dapat menerapkannya di kehidupan sehari-hari. Faktanya siswa masih kesulitan dalam berpikir kreatif. Hal ini dikarenakan siswa masih mengalami miskonsepsi dan kurangnya kontribusi guru dalam memberikan pengalaman belajar yang tepat. Kemampuan lainnya yang juga penting dimiliki siswa adalah kemampuan scientific reasoning. Kemampuan ini menjadi penting dalam pembelajaran fisika dikarenakan dengan kemampuan ini siswa dapat mengembangkan kemampuan bernalar berpikir analitik induktif dan deduktif berdasarkan konsep fisika yang ada. Adapun faktanya kemampuan penalaran ilmiah masih lemah dalam pembelajaran fisika. Hal ini dikarenakan pada penilaian fisika masih terbatas pada penilaian kognitif yang sederhana misalkan hafalan dan pembelajaran fisika yang tidak sesuai dengan hakikat pembelajaran sebagaimana fisikawan bekerja. Pada penelitian sebelumnya penelitian h-PBL terintegrasi scaffolding hanya dilakukan sebagai penelitian pengembangan untuk pembelajaran Bahasa. Penelitian lainnya juga hanya mengkaji satu kemampuan dengan pembelajaran ini yaitu scientific explanantion. Oleh karena penelitian ini dilakukan pada pembelajaran fisika dan melihat bagaimana pengaruhnya dalam mengembangkan dua kemampuan yang berbeda secara serentak yaitu memgembangkan kemampuan creative thinking dan scientific reasoning siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan h-PBL terintegrasi scaffolding terhadapa kemampuan creative thinking dan scientific reasoning siswa serta untuk mengetahui bagaimana penerapan h-PBL terintegrasi scaffolding dapat mempengaruhi kemampuan creative thinking dan scientific reasoning. Penelitian ini merupakan penelitian campuran dengan menggunakan desain explanatory. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 1 MAN 1 Pamekasan tahun pelajaran 2020/2021. Intrumen penelitian berupa instrument kuantitatif dan kualitatif. Instrument kuantitatif meliputi test uraian untuk mengukur kemampuan creative thinking dan test pilihan ganda beralasan untuk mengukur kemampuan scientific reasoning dengan masing-masing nilai reabilitas sebesar 0 627 dan 0 87. Hasil dari test kuantitatif ini kemudian dianalisis dengan menggunkanan uji paired sample t-test. Adapun untuk instrument kualitatif pada penelitian ini menggunakan wawancara semi terstruktur. Hasil dari wawancara tersebut kemudian disintetis dan dianalisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penerapan h-PBL terintegrasi scaffolding terhadap kemampuan creative thinking dan terhadap scientific resoning. Hal ini berdasarkan hasil uji paired sample t-test mengahasilkan nilai signifikansi 0 00 lt 0 05 untuk kemampuan creative thinking dan 0 00 lt 0 05 untuk kemampuan scientific reasoning. Selain itu hasil ini bisa dilihat dari peningkatan hasil rata-rata dari pretest ke posttest yaitu 4 43 menjadi 9 43 untuk kemampuan creative thinking dan untuk kemampuan scientific reasoning diperoleh nilai 2 meningkat menjadi 4 5. Hasil ini juga dibuktikan dengan perolehan nilai n-gain yang menunjukkan bahwa peningkatan hasil kemampuan terhadap pembelajaran masuk dalam kategori medium bawah dengan nilai 0 43 untuk kemampuan creative thinking dan kemampuan scientific reasoning dalam kategori mediaum atas dengan perolehan nilai n-gainnya yaitu 0 59. Hasil analisis wawancara juga menerangkan bahwa dengan pembelajaran h-PBL terintegrasi scaffolding siswa dapat mengembangkan kemampuan siswa dalam memberikan berbagai macam jawaban mengurai dan merinci dengan detail jawaban memberikan ide unik dan memaarkan alternatif ide. Siswa juga menerangkan bahwa dengan pembelajaran yang diterapkan siswa dapat belajar fisika sebagaimana fisikawan bekerja yaitu dengan metode ilmiah seperti merumuskan masalah menuliskan hipotesis merangcang percobaan mengambil data menganalisis dan menyimpulkan hasil observasi
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 11 Oct 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/160525 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |