Pengembangan lembar kerja siswa berbasis pendekatan saintifik materi Identitas Trigonometri untuk siswa SMA kelas X / Uriva Prihantini - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan lembar kerja siswa berbasis pendekatan saintifik materi Identitas Trigonometri untuk siswa SMA kelas X / Uriva Prihantini

Prihantini, Uriva (2017) Pengembangan lembar kerja siswa berbasis pendekatan saintifik materi Identitas Trigonometri untuk siswa SMA kelas X / Uriva Prihantini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Prihantini Uriva. 2017. Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Pendeka tan Saintifik Materi Identitas Trigonometri untuk Siswa SMA Kelas X. Skripsi Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing Syaiful Hamzah Nasution S.Si S.Pd M.Pd. Kata Kunci pengembangan Lembar Kerja Siswa identitas trigonometri Penelitian pengembangan ini dilatarbelakangi oleh LKS yang banyak digunakan saat ini. LKS ini berisi rangkuman materi dan masalah-masalah yang membutuhkan penyelesaian prosedural tanpa langkah-langkah untuk me-ngonstruksi konsep (Arief 2016). Padahal penemuan konsep ini dianggap penting daripada siswa mengerjakan soal secara prosedural saja (Saradima 2014). Salah satu cara untuk mengatasinya adalah mengembangkan LKS berbasis pendeka tan saintifik karena pendekatan ini mengajak siswa aktif dalam proses pem belajaran dan mengonstruksi konsep yang terfasilitasi dengan langkah pembelaja ran 5M (Majid Rochman 2014). Penelitian pengembangan ini ditujukan untuk mengembangkan LKS ber-basis pendekatan saintifik materi identitas trigonometri. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan Plomp yang terdiri dari tiga fase yaitu (1) fase investigasi masalah dan analisis kebutuhan (2) fase pengembangan desain dan implementasi dan (3) fase evaluasi. Produk yang dihasilkan pada pengem-bangan ini adalah LKS disertai dengan RPP dan soal tes evaluasi. Data penelitian ini berupa data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuanti-tatif berupa angket yang diisi oleh seluruh validator digunakan sebagai uji kevalidan. Data kuantitatif berupa angket yang diisi oleh 32 siswa kelas X SMA Laboratorium UM digunakan sebagai uji kepraktisan. Data tes evaluasi siswa digunakan untuk uji keefekifan. Data kualitatif berupa komentar atau saran dari validator dan siswa. Data kualitatif ini digunakan sebagai bahan pertimbangan re-visi demi penyempurnaan produk yang dikembangkan. Analisis data hasil uji kevalidan diperoleh skor kevalidan LKS adalah 3 08 skor kevalidan RPP adalah 3 02 dan skor kevalidan tes evaluasi adalah 2 9. Analisis data hasil uji kepraktisan adalah 2 97. Analisis data hasil uji keefektifan adalah 81 25%. Hal ini menunjukkan bahwa hasil LKS yang dikembangkan valid (disusun berdasarkan teori yang akurat) praktis (secara nyata LKS dapat diterap-kan) dan efekif (lebih dari sama dengan 80% di kelas memenuhi kriteria ketunta-san minimal). Malang 29 Mei 2017 Mengetahui Penguji Utama Penguji I Penguji II Dra. Rini Nurhakiki M.Pd Drs. Eddy Budiono M.Pd Syaiful H. N. S.Si S.Pd M.Pd NIP 195603201982032001 NIP 198411232012121001 NIP 195703211988121001 ABSTRACT Prihantini Uriva. 2017. The Development of Students Worksheets Based on Scien-tific Approach on Trigonometric Identities for Grade X. Sarjana s The sis Mathematics Department Faculty of Mathematics and Science State University Malang. Advisor Syaiful Hamzah Nasution S.Si S.Pd M.Pd. Keyword development Student s Worksheet trigonometric identities This development research is motivated by student s worksheets that are widely used today. This student s worksheets contain material summary and pro-blems that require procedural solution without steps to construct the concept (Arief 2016). Besides concept s discovery is more important than just solve prob-lems procedurally (Saradima 2014). One way to overcome this problem is develop student s worksheet based on scientific approach because this approach invites students to involve actively in learning process and students can construct the concept which facilitate by five steps of learning observing questioning gathering information associating and communicating (Majid Rochman 2014). This development research have purpose to develop student s worksheet based scientific approach about trigonometric identities. This development research is using development model by Plomp. In this model there are three phases which are (1) problem identification and needs analysis (2) design development and implementation and (3) evaluation. The results from this research development are student s worksheet lesson planning and problem for evaluation test. There are two types of data from this research which are quantitative data and qualitative data. Quantitative data in the form of a questionnaire filled by all validators used for the test of validity. Quantitative data in the form of a questionnaire filled by 32 students used for the test of practicability. Data from students test evaluation used for the test of effectivity. Qualitative data in the form of comments or suggestion from validators and students. This qualitative data used as a material for revision to perfection of developed products. Data analysis of test validity obtained score 3.08 for student s worksheet validity 3.02 for lesson planning validity and 2.9 for evaluation test validity. Data analysis of test of practicability obtained score 2.97. Data analysis of test of effectivity obtained score 81.25%. This shows that the result of this development is valid (arranged by precise theory) practice (evidently student s worksheet be able to apply) and effective (greater than or equal to 80% students in class meet the minimal completeness criteria). Malang 29 Mei 2017 Mengetahui Penguji Utama Penguji I Penguji II Dra. Rini Nurhakiki M.Pd Drs. Eddy Budiono M.Pd Syaiful H. N. S.Si S.Pd M.Pd NIP 195603201982032001 NIP 198411232012121001 NIP 195703211988121001

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Jun 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/16052

Actions (login required)

View Item View Item