Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis problem solving Polya dengan pendekatan saintifik pada materi persamaan kuadrat kelas VIII / Siti Rahma Yuliana Firdaus - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis problem solving Polya dengan pendekatan saintifik pada materi persamaan kuadrat kelas VIII / Siti Rahma Yuliana Firdaus

Firdaus, Siti Rahma Yuliana (2017) Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis problem solving Polya dengan pendekatan saintifik pada materi persamaan kuadrat kelas VIII / Siti Rahma Yuliana Firdaus. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Firdaus Siti Rahma Y. 2017. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Problem Solving Polya dengan Pendekatan Saintifik pada Materi Persamaan Kuadrat Kelas VIII. Skripsi Jurusan Matematika Fakultas MIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing Sri Mulyati M.Pd Kata Kunci Perangkat Pembelajaran Pemecahan Masalah Polya Pendekatan Saintifik Perangkat pembelajaran matematika yang digunakan di SMPN 4 Malang adalah perangkat pembelajaran dengan pendekatan saintifik. Namun pembelajaran yang dilaksanakan guru cenderung menggunakan pembelajaran konvensional sehingga pembelajaran berorientasi pada guru saja dan kurang memberikan kesempatan bagi siswa untuk terlibat aktif baik dalam mengonstruksi konsep hingga mengomunikasikan pendapatnya. Selain itu bahan ajar yang digunakan hanya menekankan pada penghafalan rumus saja dan bukan penerapannya dalam menyelesaikan masalah nyata dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini kurang sesuai dengan salah satu tujuan Matematika yakni membuat siswa mampu menyelesaikan masalah meliputi kemampuan memahami masalah merancang model matematika menafsirkan solusi yang diperoleh. Untuk mencapai keberhasilan pembelajaran yang diharapkan upaya yang dapat dilakukan oleh guru adalah dengan cara memperhatikan siswa menguasai materi pelajaran dan memilih metode pembelajaran yan tepat. Salah satu metode pembelajaran yang tidak membosankan dan melatih kemampuan berpikir siswa dalam menyelesaikan masalah adalah problem solving. Salah satu langkah problem solving yakni dengan langkah Polya yang mencakup 4 tahapan yakni memahami masalah merencanakan penyelesaian melaksanakan rencana penyelesaian dan mengecek kembali. Maka dari itu penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran berupa RPP dan LKS berbasis problem solving Polya dengan pendekatan saintifik pada materi persamaan kuadrat untuk siswa SMP kelas VIII yang berorientasi pada kemampuan pemecahan masalah. Prosedur pengembangan perangkat pembelajaran mengacu pada model pengembangan 4-D yaitu Define (Pendefinisian) Design (Perancangan) Develop (Pengembangan) dan Disseminate (Penyebaran). Karena keterbatasan peneliti penelitian dilakukan hingga tahap develop. Subjek Penelitian ini adalah siswa kelas VIIIA SMP Negeri 4 Malang. Kualitas produk yang dikembangkan dinilai berdasarkan aspek kevalidan kepraktisan dan keefektifan. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kualitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah lembar penilaian RPP dan LKS untuk mengukur kevalidan lembar angket kepraktisan RPP dan LKS oleh guru praktisi dan lembar observasi keterlaksanaan kegiatan pembelajaran oleh guru untuk mengukur kepraktisan serta lembar observasi siswa angket respon siswa dan tes kemampuan pemecahan masalah untuk mengukur keefektifan. Kualitas kevalidan perangkat pembelajaran memenuhi kriteria valid berdasarkan skor rata-rata RPP yaitu 3 65 dari skor maksimal 4 00 dan skor rata-rata LKS yaitu 3 389 dari skor maksimal 4 00. Kualitas kepraktisan perangkat pembelajaran memenuhi kriteria praktis berdasarkan skor uji kepraktisan RPP dan LKS yakni 3 65 dan 3 43 dari skor maksimal 4 00 serta dilihat dari hasil rata-rata skor observasi keterlaksanaan kegiatan guru yakni 3 3. Kualitas keefektifan perangkat pembelajaran memenuhi kriteria efektif berdasarkan skor hasil observasi siswa yang menunjukkan skor ketercapaian kegiatan siswa yakni 3 3 adapun angket respon siswa yang menunjukkan bahwa 100% siswa memberikan respon positif (skor 8805 3) serta sebanyak 100% siswa mendapat nilai tes pemecahan masalah di atas SKM yakni 80. Berdasarkan hasil tersebut disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran berbasis problem solving Polya dengan pendekatan saintifik ini memenuhi kriteria valid praktis dan efektif sehingga layak diimplementasikan dalam kegiatan pembelajaran materi persamaan kuadrat. Malang 30 Mei 2017 Dewan Penguji Dra. Santi Irawati Ph.D.Penguji Utama NIP 19650729 199103 2 002 Syaiful H.N S.Si S.Pd M.Pd Penguji II NIP 19841123201212 1 001 Dr. Sri Mulyati M.PdPenguji I NIP. 19520419 198103 2 001

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Jun 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/16051

Actions (login required)

View Item View Item