Pengembangan lembar kerja berbasis penemuan terbimbing pada materi trigonometri untuk kelas X MIPA 1 SMAN 1 Batu / Fetty Diana Nuril Huda - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan lembar kerja berbasis penemuan terbimbing pada materi trigonometri untuk kelas X MIPA 1 SMAN 1 Batu / Fetty Diana Nuril Huda

Huda, Fetty Diana Nuril (2017) Pengembangan lembar kerja berbasis penemuan terbimbing pada materi trigonometri untuk kelas X MIPA 1 SMAN 1 Batu / Fetty Diana Nuril Huda. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Huda Fetty Diana Nuril. 2017. Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Penemuan Terbimbing pada Materi Trigonometri untuk Kelas X MIPA 1 SMAN 1 Batu. Skripsi Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. Dwiyana M. Pd Ph.D. Kata Kunci Lembar Kerja Siswa (LKS) Penemuan Terbimbing Trigonometri Lembar Kerja Siswa (LKS) adalah salah satu komponen perangkat pembelajaran yang dapat membantu siswa dalam mempelajari suatu materi. LKS perlu dirancang untuk membantu siswa memahami materi dengan memfasilitasi siswa agar dapat belajar secara aktif dan memberikan kesempatan siswa mengonstruksi sendiri pengetahuannya. Namun menurut hasil observasi LKS yang digunakan di kelas X MIPA 1 hanya berisi materi contoh soal dan latihan soal saja. Oleh karena itu peneliti bermaksud mengembangkan LKS pada materi trigonometri untuk kelas X MIPA 1 SMAN 1 Batu agar siswa dapat mengonstruksi pengetahuan mereka secara mandiri. LKS ini dikembangkan menggunakan metode penemuan terbimbing untuk menciptakan pembelajaran yang berpusat pada siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan LKS berbasis penemuan terbimbing pada materi trigonometri untuk kelas X MIPA 1 SMAN 1 Batu yang memenuhi kriteria valid praktis dan efektif. Penelitian dan pengambangan yang dilakukan mengacu pada model pengembangan Plomp yang terdiri dari tiga tahap yaitu (1) preliminary research (penelitian awal) (2) prototyping phase (tahap pengembangan) dan (3) assessment phase (tahap penilaian). LKS yang dikembangkan harus memenuhi kriteria valid praktis dan efektif. Uji kevalidan produk dilakukan oleh dua validator yaitu validator ahli dan validator praktisi. Uji kepraktisan produk dilakukan menggunakan lembar observasi kegiatan siswa yang diisi oleh dua teman sejawat dan lembar angket respons siswa yang diisi oleh 26 siswa sebagai subjek uji coba. Sedangkan uji keefektifan produk dilakukan melalui tes tulis kepada subjek uji coba setelah menggunakan produk yang dikembangkan yaitu 26 siswa kelas X MIPA 1 SMAN 1 Batu. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil yaitu (1) uji kevalidan dinyatakan valid berdasarkan skor kevalidan LKS adalah 3 77 dengan kriteria valid (2) uji kepraktisan dinyatakan praktis berdasarkan lembar angket respons siswa dengan skor 3 26 dengan kriteria praktis dan lembar observasi kegiatan siswa dengan skor 3 72 dengan kriteria praktis (3) uji keefektifan berdasarkan hasil tes menunjukan 84 61% siswa mendapat nilai tes diatas 75. Dengan demikian Lembar Kerja Siswa berbasis penemuan terbimbing pada materi trigonometri untuk kelas X MIPA 1 SMAN 1 Batu dinyatakan valid praktis dan efektif. Malang 17 Mei 2017 Dewan Penguji Dr. Abadyo M.Si NIP 195204241974121001 Penguji Utama Drs. Eddy Budiono M.Pd NIP 195703211988121001 Penguji I Drs. Dwiyana M. Pd Ph.D NIP 195403061982031005 Penguji II

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Jun 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/16048

Actions (login required)

View Item View Item