Penerapan pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) untuk meningkatkan pemahaman matematika siswa kelas VII-C SMP Negeri 1 Kedamean / Desi Tri Anggrayni

Anggrayni, Desi Tri (2017) Penerapan pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) untuk meningkatkan pemahaman matematika siswa kelas VII-C SMP Negeri 1 Kedamean / Desi Tri Anggrayni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Anggrayni, Desi Tri. 2017. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Untuk Meningkatkan Pemahaman Matematika Siswa Kelas VII-C SMP Negeri 1 Kedamean. Skripsi, Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dra. Ety Tejo Dwi Cahyowati, M.Pd. Kata kunci: Numbered Heads Together (NHT), Pemahaman Matematika. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan langkah-langkah pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) yang dapat meningkatkan pemahaman matematika siswa kelas VII-C SMPN 1 Kedamean. Penelitian ini di laksanakan di SMPN 1 Kedamean. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-C SMPN 1 Kedamean yang terdiri dari 34 siswa. Penelitian tindakan kelas (PTK ) ini dilaksanakan dalam dua siklus. Tahapan-tahapan pada penelitian tindakan kelas ini terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data yang dikumpulkan meliputi (1) data hasil lembar observasi kegiatan guru dan siswa selama pembelajaran Numbered Heads Together (NHT), dan (2) data tes pemahaman matematika siswa yang diperoleh dari hasil tes akhir pada setiap siklus. Adapun langkah-langkah dalam pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) adalah sebagai berikut: (1) penomoran, yaitu setiap siswa dalam kelompok diberi nomor kepala sesuai dengan banyaknya jumlah siswa dalam kelompok. (2) pengajuan pertanyaan, yaitu guru mengajukan pertanyaan yang bercirikan dalam tahapan saintifik pada Lembar Kegiatan Siswa (LKS). (3) berpikir bersama, yaitu siswa berdiskusi dalam kelompok untuk menyelesaikan LKS yang telah diberikan dan guru sebagai fasilitator. (4) menjawab pertanyaan, yaitu dengan cara siswa yang ditunjuk nomor kepalanya mempresentasikan hasil jawaban mereka ke depan kelas, sedangkan siswa yang memakai nomor kepala sama dari kelompok lain menanggapi jawaban dari kelompok yang presentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan pemahaman matematika siswa kelas VII-C SMPN 1 Kedamean. Peningkatan dapat dilihat dari presentase siswa yang telah memperoleh nilai lebih dari atau sama dengan KKM yang telah ditentukan sekolah yaitu 75. Pada siklus I presentase siswa yang nilainya memenuhi KKM adalah 62% dari 34 siswa yang mengikuti tes, sedangkan pada siklus II siswa yang nilainya memenuhi KKM meningkat yaitu dengan presentase 88% dari 34 siswa yang mengikuti tes. Hasil observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa pada kedua siklus sudah mencapai kategori sangat baik. Malang, 20 April 2017 Dewan Penguji Dr. Erry Hidayanto, M.Si , Penguji Utama NIP 19660906 199203 1 004 Dra. Ety Tejo Dwi Cahyowati, M.Pd , Penguji I NIP 19620318 199002 2 001 Latifah Mustofa Lestyanto, S.Si, M.Pd , Penguji II NIP 19850816 201012 2 005

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Jun 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/16046

Actions (login required)

View Item View Item