Penerapan pendekatan saintifik untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik / Amalia Ainur Rofiqoh - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pendekatan saintifik untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik / Amalia Ainur Rofiqoh

Rofiqoh, Amalia Ainur (2017) Penerapan pendekatan saintifik untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik / Amalia Ainur Rofiqoh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rofiqoh Amalia Ainur. 2017. Penerapan Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Skripsi. Pendidikan Matematika Universitas Negeri Malang Pembimbing Drs. Eddy Budiono M.Pd Kata Kunci Pendekatan Saintifik Kemampuan Berpikir Kritis Kemampuan berpikir kritis merupakan tuntutan kurikulum 2013. Berdasarkan hasil observasi awal di kelas VII E SMP Shalahuddin Malang ditemukan fakta bahwa peserta didik dalam kelas belum mengembangkan kemampuan berpikir kritis. Berpikir kritis ini ditunjukkan dengan adanya respons peserta didik terhadap suatu informasi berupa pertanyaan yang bersifat menyelidik dan tanggapan dari sudut pandang yang berbeda baik secara tertulis maupun lisan. Perilaku ini merupakan indikator dari kemampuan berpikir kritis yang belum terlihat pada peserta didik dalam kelas VII E SMP Shalahuddin Malang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pendekatan saintifik yang terdiri dari lima tahap pembelajaran dalam upaya mengembangkan kemampuan berpikir kritis sesuai dengan karakteristik pembelajaran dengan pendekatan saintifik. Langkah-langkah pendekatan saintifik dimulai dari tahap mengamati guru menyajikan tayangan video gambar dan cerita yang disertai gambar. Peserta didik diminta untuk menuliskan informasi yang diperoleh serta memberikan saran. Tahap menanya peserta didik membuat pertanyaan berdasarkan hasil pengamatan yang harus memuat kata kunci terkait materi dan menggunakan kata tanya yang telah disepakati. Pada tahap mengeksplorasi peserta didik diberikan kesempatan untuk berdiskusi dengan kelompok dan mengerjakan soal. Tahap mengasosiasi dilakukan dengan memberikan peserta didik beberapa pertanyaan untuk menyimpulkan materi yang dipelajari. Tahap mengomunikasikan peserta didik diberikan kesempatan untuk menyampaikan kesimpulan secara lisan maupun tertulis. Penelitian ini dilakukan menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan di kelas VII E SMP Shalahuddin Malang yang berisi 33 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada domain kognitif meningkat. Ditinjau dari peningkatan 12 menjadi 17 pertanyaan dan tanggapan yang berada pada level analisis sintesis dan evaluasi selama pembelajaran. Terdapat penurunan banyak peserta didik yang menunjukkan kemampuan berpikir kritis dari 66.67% menjadi 60.6% pada siklus I ke siklus II. Terdapat peningkatan dari 22 menjadi 31 pertanyaan yang bersifat menyelidik dari siklus I ke siklus II serta peningkatan sebanyak 17 tanggapan dari sudut pandang berbeda yang diajukan oleh peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penelitian telah memenuhi kriteria yang telah ditetapkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Jun 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/16041

Actions (login required)

View Item View Item