Hubungan antara konsep diri dan sikap sosial siswa di SMP Negeri 3 Malang / Anang Dwi Wahyono - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara konsep diri dan sikap sosial siswa di SMP Negeri 3 Malang / Anang Dwi Wahyono

Wahyono, Anang Dwi (2009) Hubungan antara konsep diri dan sikap sosial siswa di SMP Negeri 3 Malang / Anang Dwi Wahyono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Konsep diri berasal dari hasil interaksi dengan orang lain. Konsep diri merupakan faktor yang menentukan bagi perkembangan sosial anak. Untuk mencapai keberhasilan sosial anak dalam hubungan sosialnya diperlukan konsep diri yang positif. Dalam hubungannya dengan sikap sosial diperlukan konsep diri yang positif sebagai dasar dalam bertingkah laku dalam waktu sekarang dan masa yang akan datang serta menentukan pengambilan keputusan dan aspirasi-aspirasi individu bagi masa depannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) bagaimana konsep diri siswa (2) bagaimana sikap sosial siswa (3) adakah hubungan konsep diri dan sikap sosial kelas IX siswa SMP Negeri 3 Malang. Rancangan penelitian yang digunakan adalah diskriptif korelasional. Sampel penelitian sebanyak 80 dari keseluruhan populasi sebanyak 320 siswa kelas IX. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah proporsional random sampling . Untuk mengumpulkan data digunakan inventori sedangkan pengolahan data menggunakan teknik analisis korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa SMP Negeri 3 Malang. Sangat sedikit (12 5%) siswa yang mempunyai konsep diri yang tergolong sangat tinggi cukup banyak (40%) siswa yang mempunyai konsep diri tergolong tinggi sangat sedikit (46 25%) siswa yang mempunyai konsep diri tergolong sedang dan siswa yang mempunyai konsep diri tergolong rendah (1 7%) dan Sangat sedikit (11 25%) siswa yang mempunyai sikap sosial yang sangat tinggi cukup banyak (42 5%) siswa yang mempunyai sikap sosial yang tinggi sedikit (37 5%) siswa yang mempunyai sikap sosial yang sedang sangat sedikit (3 75%) yang mempunyai sikap sosial yang rendah. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil bahwa ada hubungan yang significan antara konsep diri dan sikap sosial siswa dengan menunjukkan sebesar 0 000 yang apabila tidak ada hubungan akan ditunjukkan dengan angka sebesar lebih dari 0 05. Dari hasil penelitian ini ada beberapa saran yang bisa diberikan Kepala sekolah hendaknya menciptakan iklim yang sehat dengan cara menyediakan sarana dan prasarana terutama bagi bimbingan konseling dan dapat mengambil kebijakan yang baik guna meningkatkan mutu pendidikan dan kualitas sekolah yang dipimpin dapat melibatkan atau mengadakan kegiatan yang bisa menjalin kerja sama baik dengan guru maupun siswa mendukung dan mendorong siswa untuk aktif dalam kegiatan ekstrakurikuler sehingga mampu mengaktualisasikan dirinya secara optimal. Konselor sekolah hendaknya memberikan bimbingan mengenahi membangun harga diri agar siswa mampu menerima dirinya apa adanya apabila tidak ada perubahan perlu diadakannya konseling baik individu maupun kelompok konselor juga harus memberikan materi satlan atau satbim dan informasi-informasi yang dibutuhkan siswa. Peneliti lanjutan hendaknya memperbanyak vareabel penelitian agar hasil hasil yang diperoleh lebih banyak dan beragam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/1604

Actions (login required)

View Item View Item