Pengembangan perangkat pembelajaran materi komposisi fungsi berdasar pendekatan saintifik berciri realistik untuk siswa SMA/MA kelas XI Program IPS / Milda Desyana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan perangkat pembelajaran materi komposisi fungsi berdasar pendekatan saintifik berciri realistik untuk siswa SMA/MA kelas XI Program IPS / Milda Desyana

Desyana, Milda (2017) Pengembangan perangkat pembelajaran materi komposisi fungsi berdasar pendekatan saintifik berciri realistik untuk siswa SMA/MA kelas XI Program IPS / Milda Desyana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Desyana Milda. 2017. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Materi Komposisi Fungsi Berdasar Pendekatan Saintifik Berciri Realistik untuk Siswa SMA/MA Kelas XI Program IPS. Skripsi. Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing Lathiful Anwar S.Si M.Sc. Kata Kunci perangkat pembelajaran pendekatan saintifik model realistik komposisi fungsi Pembelajaran matematika bertujuan untuk mempersiapkan siswa agar mampu menyelesaikan permasalahan dalam kehidupan nyata. Pembelajaran akan berjalan baik apabila sebelumnya guru telah merancang persiapan pembelajaran yang tercantum dalam perangkat pembelajaran dengan baik pula. Perangkat pembelajaran yang disusun harus sesuai dengan kurikulum yang berlaku saat ini yaitu kurikulum 2013 serta harus mampu mengaktifkan siswa saat pembelajaran dengan cara mengaitkan materi pembelajaran dengan kehidupan nyata. Perangkat pembelajaran yang dimaksud adalah perangkat pembelajaran yang menggunakan pendekatan saintifik dan berciri realistik (RME). Sayangnya banyak guru yang masih menggunakan cara konvensional dalam pembelajaran dan menggunakan LKS yang hanya berisi rumus contoh dan latihan soal. Oleh karena itu peneliti bermaksud mengembangkan perangkat pembelajaran berupa RPP dan LKS materi komposisi fungsi untuk menyelesaikan masalah tersebut. Perangkat pembelajaran berdasarkan pendekatan saintifik berciri realistik adalah perangkat pembelajaran berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) yang mengkolaborasikan lima pengalaman belajar saintifik dengan lima karakteristik RME agar siswa aktif dalam pembelajaran dan dapat mengingat konsep matematika lebih lama karena menemukan konsep matematika secara mandiri dengan bimbingan guru. Tujuan pengembangan yang dilakukan adalah menghasilkan perangkat pembelajaran materi komposisi fungsi berdasarkan pendekatan saintifik berciri realistik yang valid praktis dan efektif. Model pengembangan mengacu pada model pengembangan Plomp (Hobri 2010 17) terdiri atas (1) tahap investigasi awal (2) tahap desain (3) tahap realisasi/konstruksi dan tahap (4) tahap tes evaluasi dan revisi. Dalam penelitian ini dilakukan tiga uji terhadap kualitas produk pengembangan yang terdiri atas uji kevalidan uji kepraktisan dan uji keefektifan. Uji kevalidan dilakukan oleh validator ahli dan praktisi. Sedangkan uji kepraktisan dan uji keefektifan dilakukan dengan melakukan uji coba produk kepada guru matematika dan 35 orang siswa kelas XI IPS 2 MA Al Maarif Singosari sebagai subjek uji coba yang diamati oleh dua orang observer. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil yaitu (1) skor kevalidan RPP dan LKS berturut-turut adalah 3 67 dan 3 76 (2) skor kepraktisan RPP berdasarkan lembar observasi kegiatan guru adalah 3 39 skor kepraktisan LKS berdasarkan lembar observasi kegiatan siswa adalah 3 64 dan skor kepraktisan LKS berdasarkan angket respon siswa adalah 3 5dan (3) persentase siswa yang

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jun 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/16036

Actions (login required)

View Item View Item