Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis penemuan terbimbing materi Kedudukan Dua Lingkaran untuk siswa kelas XI SMA / Yuni Sutanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis penemuan terbimbing materi Kedudukan Dua Lingkaran untuk siswa kelas XI SMA / Yuni Sutanti

Sutanti, Yuni (2017) Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis penemuan terbimbing materi Kedudukan Dua Lingkaran untuk siswa kelas XI SMA / Yuni Sutanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sutanti Yuni. 2017. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Penemuan Terbimbing Materi Kedudukan Dua Lingkaran untuk Siswa Kelas XI SMA. Skripsi Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing Abd. Qohar Dr. Drs M.T. Kata Kunci Perangkat Pembelajaran Kedudukan Dua Lingkaran Perangkat pembelajaran merupakan suatu komponen yang penting di dalam proses pembelajaran diantaranya yaitu RPP dan LKS. Dalam proses pembelajaran RPP yang dirancang harus disesuaikan dengan kurikulum yang berlaku. Sedangkan untuk LKS sebaiknya disusun dengan suatu metode dimana siswa dapat menemukan secara mandiri konsep matematika yang ada. Namun pada kenyataannya LKS yang beredar masih monoton dengan mencantumkan rumus contoh soal dan latihan soal. Oleh karena itu peneliti ingin mengembangkan suatu perangkat pembelajaran berupa RPP dan LKS materi kedudukan dua lingkaran untuk siswa kelas XI SMA. Penelitian pengembangan ini dilaksanakan dengan tujuan menghasilkan produk RPP dan LKS materi kedudukan dua lingkaran dengan berbasis penemuan terbimbing yang memenuhi kriteria valid praktis dan efektif. Model penelitian pengembangan ini mengacu pada model Plomp yang meliputi (1) fase investigasi awal (2) fase desain (3) fase realisasi/konstruksi (4) fase tes evaluasi dan revisi dan (5) fase implementasi. Pada penelitian ini terdapat tiga jenis uji yaitu (1)uji kevalidan yang dilakukan oleh validator ahli dan praktisi (2) uji kepraktisan RPP oleh observer berdasarkan kegiatan guru dan uji kepraktisan LKS oleh observer berdasarkan kegiatan siswa serta uji kepraktisan LKS dari angket respon siswa (3) uji keefektifan dilakukan dengan mengadakan tes kepada subyek uji coba yaitu 34 siswa kelas XI. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil yaitu (1) skor kevalidan RPP dari validator ahli dan praktisi adalah 3 8 dengan kriteria valid tanpa revisi (2) skor kevalidan LKS dari validator ahli dan praktisi adalah 3 68 dengan kriteria valid tanpa revisi (3) uji kepraktisan RPP berdasarkan pengamatan terhadap kegiatan guru diperoleh skor 3 75 dengan tingkat kepraktisan tinggi (4) uji kepraktisan LKS berdasarkan observasi kegiatan siswa diperoleh skor 3 75 dengan tingkat kepraktisan tinggi dan dari angket respon siswa diperoleh skor 3 02 dengan tingkat kepraktisan tinggi (5) uji keefektifan berdasarkan hasil tes diperoleh persentase 82 35% siswa mendapat nilai tuntas. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran berupa RPP dan LKS untuk materi kedudukan dua lingkaran berbasis penemuan terbimbing telah memenuhi kriteria valid praktis dan efektif. ABSTRACT Sutanti Yuni. 2017. The Development of Learning Equipment on Guided Discovery in The Lesson of The Position of Two Circles for The Student Grade XI SMA. Thesis Department of Mathematics Faculty of Mathematics and Natural Sciences Universitas Negeri Malang. Advisor Abd. Qohar Dr. Drs M.T. Keywords Learning Equipment The Position of Two Circles Learning Equipment is an important component in the process of learning such as the RPP and LKS. In the process of learning the RPP that are designed to be adjusted to the curriculum. While for is LKS preferably arranged with a method where students can find independently existing mathematical concepts. But in fact LKS made still monotonous with formula example and practice question. Therefore researcher wants to develop a learning media in the form of RPP and LKS in the lesson of the position of two circles for the student grade XI SMA. This development research carried out with the purpose of resulting products in the lesson of the position of two circles such as RPP and LKS that meet the criteria of validity practicality and effectiveness. The model of this development research refers to Plomp model which includes (1) phase of the initial investigation (2) phase of design (3) phase of the realization/construction (4) phase of the test evaluation and revision and (5) phase of the implementation. In this research there are three types of test (1) the test of validity conducted by expert and practitioner (2) the test of the practicality of RPP by observer based on teacher activity and the test of the practicality of LKS by the observer based on student activity as well as the test of the practicality of LKS based on the response of the student (3) the test of the effectiveness conducted with holding the test to the test subjects namely 34 students of Class XI. Based on data analysis obtained the results namely (1) the validity score of RPP from expert and practitioner is 3.8 with valid criterion without improvement (2) the validity score of LKS from expert and practitioner is 3.68 with valid criterion without improvement (3) the test of the practicality of RPP based on observation of the activities of the teacher obtained score 3.75 with high levels of practicality (4) the test of the practicality of LKS based on observation of the activities of the student obtained score 3.75 with high levels of practicality and the test of the practicality of LKS based on the response of the student obtained score 3.02 with high levels of practicality (5) the test of the effectiveness based on test results obtained percentage 82.35% of students got the value completely. Thus it can be concluded that the learning media such as RPP and LKS in the lesson of the position of two circles have met the criteria of valid practical and effective.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Jun 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/16033

Actions (login required)

View Item View Item