Penerapan pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) untuk meningkatkan komunikasi matematis dan hasil belajar peserta didik kelas X MIA 3 SMA Negeri 2 Batu pada materi fungsi / Rahma Aulia Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) untuk meningkatkan komunikasi matematis dan hasil belajar peserta didik kelas X MIA 3 SMA Negeri 2 Batu pada materi fungsi / Rahma Aulia Sari

Sari, Rahma Aulia (2017) Penerapan pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) untuk meningkatkan komunikasi matematis dan hasil belajar peserta didik kelas X MIA 3 SMA Negeri 2 Batu pada materi fungsi / Rahma Aulia Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sari Rahma Aulia. 2017. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) untuk Meningkatkan Komunikasi Matematis dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X MIA 3 SMA Negeri 2 Batu Pada Materi Fungsi. Skripsi Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. H. Subanji M.Si. Kata Kunci Pembelajaran Kooperatif Team Assisted Individualization Komunikasi Matematis Hasil Belajar Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan selama pelaksanaan KPL pada bulan Agustus hingga September 2016 di SMA Negeri 2 Batu diketahui bahwa pembelajaran di kelas X MIA 3 dilaksanakan dengan guru menjelaskan materi yang akan dipelajari dan memberikan beberapa contoh soal yang berhubungan dengan materi tersebut. Selanjutnya guru memberikan beberapa soal latihan dan meminta peserta didik mengerjakan latihan soal yang diberikan. Kegiatan pembelajaran ini dilaksanakan terus menerus sehingga mengakibatkan kebosanan pada peserta didik dalam mengikuti pembelajaran matematika. Hal ini juga mengakibatkan peserta didik tidak dapat mengomunikasikan matematika dalam bentuk lisan maupun tulisan dengan tepat dan benar. Komunikasi matematis yang rendah juga dapat mempengaruhi hasil belajar peserta didik. Dengan demikian diperlukan suatu pembelajaran yang dapat memperbaiki dan meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan hasil belajar peserta didik. Salah satu pembelajaran yang tepat adalah pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang mendeskripsikan langkah-langkah pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) yang dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan hasil belajar peserta didik. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas X MIA 3 SMA Negeri 2 Batu tahun ajaran 2016/2017. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini meliputi 1) proses kegiatan pembelajaran 2) hasil observasi aktivitas guru dan peserta didik selama proses pembelajaran yang berpedoman pada lembar observasi 3) hasil catatan lapangan 4) Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) 5) kuis dan 6) hasil tes akhir siklus. Pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) pada materi fungsi yang dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan hasil belajar peserta didik kelas X MIA 3 SMA Negeri 2 Batu dilakukan dengan langkah yaitu (1) placement test yaitu pemberian tes yang akan digunakan sebagai skor awal pembagian kelompok (2) student creative yaitu peserta didik diberikan beberapa masalah yang berhubungan dengan materi prasyarat untuk mengukur pemahaman peserta didik (3) team yaitu peserta didik dibagi dalam beberapa kelompok yang heterogen berdasarkan nilai placement test (4) team study method yaitu peserta didik berdiskusi dengan kelompok untuk memahami materi dengan menggunakan LKPD (5) teaching groups yaitu guru memberikan bimbingan kepada peserta didik dalam kelompok-kelompok maupun di depan kelas (6) whole class units yaitu peserta didik mempresentasikan hasil diskusi yang telah dilakukan (7) fact test adalah pemberian tes pada setiap akhir pertemuan dan setiap akhir siklus untuk mengukur hasil belajar peserta didik dalam mengikuti pembelajaran dan (8) team scores and team recognition adalah pembagian penghargaan kelompok yang dilaksanakan setiap akhir siklus sesuai dengan poin peningkatan kelompok berdasarkan skor yang diperoleh peserta didik dalam mengerjakan kuis. Penerapan pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis peserta didik berdasarkan hasil pengerjaan LKPD dari 34 67% peserta didik dengan komunikasi matematis tinggi pada siklus I meningkat menjadi 80 65% peserta didik dengan komunikasi matematis tinggi pada siklus II. Hasil belajar peserta didik berdasarkan rata-rata nilai kuis 67 21pada siklus I meningkat menjadi 76 06 pada siklus II. Hasil belajar peserta didik juga meningkat berdasarkan tes akhir yaitu 38 71% peserta didik mencapai nilai minimal 75 pada siklus I menjadi 77 42% peserta didik pada siklus II. Hasil aktivitas peserta didik selama proses pembelajaran berada pada kategori sangat baik pada siklus I dan siklus II. Aktivitas guru selama proses pembelajaran juga berada pada kategori sangat baik pada siklus I dan siklus II.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Jun 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/16032

Actions (login required)

View Item View Item