Pengembangan bahan ajar dengan pendekatan saintifik pada materi trigonometri kelas X SMA/MA / Elly Mardiana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar dengan pendekatan saintifik pada materi trigonometri kelas X SMA/MA / Elly Mardiana

Mardiana, Elly (2017) Pengembangan bahan ajar dengan pendekatan saintifik pada materi trigonometri kelas X SMA/MA / Elly Mardiana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Mardiana Elly. 2017. Pengembangan Bahan Ajar dengan Pendekatan Saintifik Pada Materi Trigonometri untuk Kelas X SMA/MA. Skripsi Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr.Makbul Muksar S.Pd M.Si Kata Kunci Bahan Ajar Kurikulum 2013 Trigonometri Bahan ajar merupakan salah satu elemen penting yang mempengaruhi kesuksesan proses pembelajaran. Salah satu bahan ajar yang digunakan dalam proses pembelajaran yaitu buku teks. Namun fakta di lapangan siswa tidak menggunakan buku teks sebagai sumber belajar siswa hanya menggunakan Lembar Keja Siswa (LKS) sebagai referensi dalam pembelajaran. Oleh karena itu peneliti ingin mengembangkan suatu bahan ajar matematika berupa buku siswa berbasis kurikulum 2013 pada pokok bahasan trigonometri untuk siswa SMA Kelas X yang valid praktis dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan dari model four-D yang dikembangkan oleh Thiagarajan yang telah dimodifikasi. Tahap-tahap yang telah dimodifikasi terdiri atas (1) tahap pendefinisian (2) tahap perencanaan (3) tahap pengembangan (Terdapat tiga kali uji dalam pengembangan ini yaitu (1) Uji Kevalidan (2) Uji Kepraktisan dan (3) Uji Keefektifan. Uji kevalidan dilakukan oleh dua validator yaitu Validator ahli yang terdiri dari satu orang dosen matematika dan Validator praktisi yang terdiri dari satu orang guru matematika. Sedangkan untuk uji kepraktisan peneliti menggunakan angket respons siswa yang telah divalidasi. Uji keefektifan dilakukan dengan menggunakan soal tes yang telah divalidasi yang dilakukan pada 35 orang siswa kelas X sebagai subjek uji coba. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil yaitu (1) persentase rata-rata kevalidan Buku siswa adalah 83 1% dengan kriteria valid (2) uji kepraktisan dinyatakan praktis berdasarkan lembar angket respons siswa dengan persentase rata-rata 87% dengan kriteria sangat praktis (3) uji keefektifan berdasarkan hasil tes menunjukan 85 7% siswa dikelas mendapat nilai diatas KKM yaitu 75. Dengan demikian bahan ajar berupa buku siswa yang dihasilkan pada pokok bahasan trigonometri kelas X SMA/MA telah memenuhi kriteria valid praktis dan efektif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Jun 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/16030

Actions (login required)

View Item View Item