Penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division) menggunakan media manipulatif untuk meningkatkan pemahaman matematis siswa kelas VII A MTs SS Tebuireng Jombang / Ahmad Didik Zakariya - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division) menggunakan media manipulatif untuk meningkatkan pemahaman matematis siswa kelas VII A MTs SS Tebuireng Jombang / Ahmad Didik Zakariya

Zakariya, Ahmad Didik (2017) Penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division) menggunakan media manipulatif untuk meningkatkan pemahaman matematis siswa kelas VII A MTs SS Tebuireng Jombang / Ahmad Didik Zakariya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Zakariya Ahmad Didik. 2016. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Team Achievement Division) Menggunakan Media Manipulatif untuk Meningkatkan Pemahaman Matematis Siswa Kelas VII A MTs SS Tebuireng Jombang. Skripsi Program Studi Pendidikan Matematika Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Hery Susanto M.Si. Kata Kunci STAD Media Manipulatif Pemahaman Matematis. Berdasarkan hasil wawancara kepada guru matematika di MTs Salafiyah Syafi iyah Tebuireng Jombang diketahui bahwa pemahaman matematis siswa tergolong rendah. Hal ini didukung dari nilai tugas siswa pada pembelajaran sebelumnya yaitu 56% dari 36 siswa yang memenuhi KKM dan rata-rata nilai siswa 74 4 yang masih di bawah KKM yaitu 75. Rendahnya pemahaman siswa terhadap materi matematika tersebut tidak sepenuhnya kesalahan dari siswa tetapi juga cara guru dalam menyampaikan materi pembelajaran yang kurang tepat. Guru lebih aktif memberikan informasi kepada siswa sedangkan siswa hanya menerima apa yang diberikan guru tanpa terlibat langsung dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division)menggunakan media manipulatif yang dapat meningkatkan pemahaman matematis siswa kelas VII AMTs SS Tebuireng. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan berlangsung selama dua siklus. Tahapan-tahapan pada PTK ini terdiri dari perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Data yang dikumpulkan terdiri dari data aktifitas guru dan siswa selama pembelajaran kooperatif tipe STAD dilaksanakan catatan lapangan dan data tes hasil belajar siswa pada akhir siklus dalammateri operasi bilangan bulat. Data penelitian ini menunjukkan bahwa pemahaman matematis siswa meningkat. Hasil tes pada siklus I menunjukkan 58 33% siswa mendapatkan nilai diatas KKMmeningkat menjadi 72 22% pada tes siklus II. Dan hasil observasi aktifitas guru dan siswa memenuhi kriteria baik.Hasil penelitian ini menunjukkan pembelajaran kooperatif tipe STADmenggunakan media manipulatif yang dapat meningkatkan pemahaman matematis siswa adalah sebagai berikut (1) penyampaian tujuan motivasi dantata cara pembelajaran STAD dalam materi operasi bilangan bulat (2) pembagian kelompok yang heterogen berdasarkan kemampuan akademik siswa terdiri dari 4 sampai 5 siswa tiap kelompok (3) presentasi guru mengenai cakupan materi operasi bilangan bulat tanya-jawab dan memeragakan penggunaan media manipulatif pada suatu permasalahan (4) kegiatan belajar dalam tim berdiskusimenyelesaikan permasalahan operasi bilangan bulat di LKS menggunakan media manipulatif presentasi kelompok dan guru memberikan pendampingan selama kegiatan ini (5) kuis untuk mengetahui ketercapaian individu dalam memahami materioperasi bilangan (6) penghargaan prestasi kelompok diberikan kepada seluruh kelompok berdasarkan skor yang diperoleh dan skor perkembangan individu dengan kategoriThe Best Team dan The Great Team (7) tes diberikan pada tiap akhir siklus untuk mengukur ketercapaian pemahaman matematis siswa dalam materi operasi bilangan bulat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Mar 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/16022

Actions (login required)

View Item View Item