Pengaruh authentic learning berbasis inquiry dalam program STEM terhadap literasi saintifik bagi siswa SMA berkemampuan pemecahan masalah tinggi dan rendah / Idawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh authentic learning berbasis inquiry dalam program STEM terhadap literasi saintifik bagi siswa SMA berkemampuan pemecahan masalah tinggi dan rendah / Idawati

Idawati (2019) Pengaruh authentic learning berbasis inquiry dalam program STEM terhadap literasi saintifik bagi siswa SMA berkemampuan pemecahan masalah tinggi dan rendah / Idawati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Idawati. 2019. Pengaruh Authentic Learning berbasis Inquiry dalam Program STEM Terhadap Literasi Saintifik Bagi Siswa SMA Berkemampuan Pemecahan Masalah Tinggi dan Rendah. Tesis. Jurusan Pendidikan Fisika. Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Muhardjito M.S (2) Dr. Lia Yuliati M.Pd. Kata Kunci Authentic Learning berbasis Inquiry STEM Literasi Saintifik Kemampuan Pemecahan Masalah Literasi saintifik merupakan salah satu keterampilan dasar yang harus dimiliki di abad XXI. Pada proses pembelajaran fisika siswa sangat lemah dalam mengaplikasikan konsep fisika yang dipelajari karena pembelajaran yang kurang menekankan pada pemecahan masalah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kemampuan pemecahan masalah siswa dalam pembelajaran authentic learning berbasis inquiry dalam program STEM pada literasi saintifik peserta didik. Metode dalam penelitian ini adalah metode quasi eksperiment dengan menggunakan rancangan penelitian faktorial 2 x 2. Peneliti mengambil sampel dengan menggunakan teknik sampel jenuh dari populasi peserta didik kelas XI MIA SMA Negeri 1 Siompu semester genap tahun ajaran 2018/2019. Sampel yang digunakan berjumlah 174 peserta didik yang terbagi dalam kelompok kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Masing-masing kelompok terbagi menjadi dua kategori yaitu peserta didik yang berkemampuan pemecahan masalah tinggi dan peserta didik yang berkemampuan pemecahan masalah rendah. Instrumen tes literasi saintifik digunakan untuk mengukur literasi saintifik peserta didik pada setiap kelompok. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Anava Dua Jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi sainstifik peserta didik yang belajar dengan pendekatan authentic learning berbasis inquiry dalam program STEM lebih tinggi daripada pembelajaran konvensional terdapat interaksi antara authentic learning berbasis inquiry dalam program STEM dan kemampuan pemecahan masalah terhadap literasi saintifik peserta didik literasi sainstifik peserta didik yang memiliki kemampuan pemecahan masalah tinggi lebih tinggi jika belajar dengan pendekatan authentic learning berbasis inquiry dalam program STEM daripada yang belajar dengan cara konvensional literasi sainstifik peserta didik yang memiliki kemampuan pemecahan masalah rendah lebih tinggi jika belajar dengan pendekatan authentic learning berbasis inquiry dalam program STEM daripada yang belajar dengan cara konvensional.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/160210

Actions (login required)

View Item View Item