Efektivitas program resitasi berbasis aplikasi android dalam pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas X materi usaha dan energi / Mardhika Wulansari - Repositori Universitas Negeri Malang

Efektivitas program resitasi berbasis aplikasi android dalam pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas X materi usaha dan energi / Mardhika Wulansari

Wulansari, Mardhika (2019) Efektivitas program resitasi berbasis aplikasi android dalam pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas X materi usaha dan energi / Mardhika Wulansari. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wulansari Mardhika 2019. Efektivitas Program Resitasi Berbasis Aplikasi Android dalam Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Penguasaan Konsep dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas X pada Materi Usaha dan Energi. Tesis Program Studi Pendidikan Fisika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr.Sutopo M.Si (II) Dr. Ahmad Taufik S.Pd M.Pd. Kata Kunci resitasi penguasaan konsep kemampuan pemecahan masalah usaha dan energy inkuiri terbimbing Usaha energi merupakan suatu konsep penting dalam pembelajaran IPA. Usaha dan energi adalah konsep dasar yang digunakan untuk bisa mengerti permasalahan sehari-hari. Banyak siswa yang merasa kesulitan untuk memahami konsep dan bagaimana cara memecahkan masalah pada materi ini sehingga perlu suatu tambahan berbentuk resitasi yang bisa digunakan untuk meningkatkan penguasaan konsep dan pemecahan masalah siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengatasi kelemahan pembelajaran inkuiry terbimbing terutama pada materi usaha dan energi. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan program resitasi. Resitasi ini dikembangkan dalam bentuk program android dan didalamnya juga berisi tugas untuk mengases kesulitan yang masih dimiliki oleh siswa. Penelitian ini adalah penelitian mixed method dengan menggunakan metode embedded experimental design. Subjek penelitian terdiri atas 65 siswa kelas X SMAN 9 Malang dan dibagi menjadi 2 kelas 34 siswa untuk kelas eksperimen dan 31 siswa kelas kontrol.Instrumen penelitian yang terdiri atas tes penguasaan konsep usaha-energi tes kemampuan pemecahan masalah. Data skor pretest dan posttest dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Analisis kuantitatif terdiri atas uji n-gain uji mann-whitney dan uji korelasi. Analisis kualitatif meliputi uji cross tabulation pendekatan pemecahan masalah siswa dan kesulitan konsep yang masih nampak setelah pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program resitasi berbasis aplikasi android efektif dalam meningkatkan penguasaan konsep siswa pada materi usaha dan energi. Hal ini di klaim dari nilai gain kedua kelas yaitu rata-rata kelas kontrol adalah 0 38 dan nilai n-gain rata-rata kelas eksperimen adalah 0 828 Program resitasi berbasis aplikasi android ini juga terbukti mampu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. Hal ini bisa dilihat dari rata-rata nilai gain kelas kontrol yaitu 0 5376 dan nilai rata-rata gain kelas ekperimen yaitu 0 6335 dimana setelah dilakukan uji Mann-Witney kedua n-gain ini dikatakan berbeda. Sehingga bisa dikatakan gain eksperimen lebih baik dari gain kontrol. Setelah diberikan program resitasi berbasis aplikasi android kesulitan yang masih diderita siswa pada materi usaha dan energi antara lain 1. siswa sering kesulitan saat harus mengambarkan gaya yang bekerja pada benda dan arahnya. 2. siswa sulit mengerti bahwa usaha yang bekerja pada benda adalah seluruh total usaha dari gaya yang bekerja pada suatu benda yang kemudian dikalikan dengan perpindahan benda 3. Siswa masih kurang memahami bahwa usaha oleh gaya gravitasi bersifat konservatif.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Sep 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/160200

Actions (login required)

View Item View Item