Pelaksanaan program bimbingan karier di SMK Negeri dan SMK Swasta Kota Probolinggo / Achmad Agus Riyad - Repositori Universitas Negeri Malang

Pelaksanaan program bimbingan karier di SMK Negeri dan SMK Swasta Kota Probolinggo / Achmad Agus Riyad

Riyad, Achmad Agus (2008) Pelaksanaan program bimbingan karier di SMK Negeri dan SMK Swasta Kota Probolinggo / Achmad Agus Riyad. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Bimbingan dan konseling merupakan bagian integral dari program pendidikan di sekolah. Salah satu bidang layanan bimbingan dan konseling adalah layanan bimbingan karier. Tujuan diadakannya pelaksanaan bimbingan karier di sekolah adalah untuk membantu siswa memahami dan mengembangkan diri secara optimal sesuai dengan kemampuan yang dimiliki dalam proses persiapan memasuki dunia kerja atau menapak ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Sekolah menengah kejuruan (SMK) dimaksudkan untuk mempersiapkan siswanya agar bekerja dan berwiraswasta setelah lulus sekolah walaupun tetap memberi kesempatan melanjutkan ke perguruan tinggi. Guna membantu siswa untuk mempersiapkan diri yang berkenaan dengan kariernya maka di SMK perlu diadakan pelaksanaan bimbingan karier. Melalui program pelaksanaan bimbingan karier di sekolah diharapkan siswa tidak akan menemui kesulitan dalam hal melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi maupun memasuki dunia kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) perencanaan program bimbingan karier di SMK negeri dan SMK swasta Kota Probolinggo (2) penyusunan program bimbingan karier di SMK negeri dan SMK swasta Kota Probolinggo (3) pelaksanaan program bimbingan karier di SMK negeri dan SMK swasta Kota Probolinggo dan (4) penilaian program bimbingan karier di SMK negeri dan SMK swasta Kota Probolinggo. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Populasi penelitian adalah konselor/guru pembimbing SMK Negeri dan SMK swasta Kota Probolinggo. Penelitian ini menggunakan sampel total yaitu seluruh konselor/guru pembimbing di SMK Negeri dan SMK swasta Kota Probolinggo yang berjumlah 17 orang. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket. Dalam penelitian ini pengolahan data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis persentase. Hasil penelitian secara umum menunjukkan bahwa konselor/guru pembimbing sudah melaksanakan program bimbingan karier melalui tahap perencanaan penyusunan pelaksanaan dan penilaian program bimbingan karier. (1) Tahap perencanaan program bimbingan karier secara umum telah dilaksanakan dengan sangat baik (81 %) di SMK negeri dan baik (76 %) di SMK swasta oleh konselor di SMK Kota Probolinggo. (2) Tahap penyusunan program bimbingan karier secara umum telah dilaksanakan dengan baik (71 %) di SMK negeri dan di SMK swasta (68 %). (3) Tahap pelaksanaan program bimbingan karier secara umum sudah dilaksanakan dengan baik (77 %) di SMK negeri dan di SMK swasta (74 %). (4) Tahap penilaian program bimbingan karier secara umum telah dilaksanakan dengan baik (79 %) di SMK negeri dan di SMK swasta (72 %) oleh konselor di SMK Kota Probolinggo. Secara umum pelaksanaan program bimbingan karier telah dilaksanakan dengan baik (77%) oleh konselor SMK negeri dan baik (73 %) oleh konselor SMK swasta. Berdasarkan hasil penelitian maka penulis menyarankan kepada (1) Kepala sekolah hendaknya kepala sekolah memeriksa dan menilai kembali pelaksanaan program bimbingan karier bersama konselor dan staf sekolah merekrut guru pembimbing yang mempunyai kualifikasi konselor (Sarjana Bimbingan dan Konseling) penyediaan fasilitas (sarana dan prasarana) serta memberikan kebijakan-kebijakan yang mendukung pelaksanaan bimbingan karier. (2) Bagi konselor hendaknya memanfaatkan waktu di luar jam pelajaran sebaik-baiknya untuk menyampaikan informasi karier dan mengorganisasikan program dengan baik sehubungan dengan keterbatasan waktu dan personil. Selain itu konselor juga perlu kerja sama dengan pihak terkait yang mendukung pelaksanaan bimbingan karier seperti guru kepala sekolah orang tua dan lembaga terkait. Menganalisis kemampuan staf agar pelaksanaan bimbingan karier berjalan dengan baik. (3) Peneliti selanjutnya hendaknya menambahkan sampel guru dan kepala sekolah sebagai responden yang mempengaruhi pelaksanaan bimbingan karier secara langsung serta dapat mengukur obyektifitas dan kejujuran dalam pengisian angket.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jun 2008 04:29
Last Modified: 09 Sep 2008 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/1602

Actions (login required)

View Item View Item