Pengembangan perangkat pembelajaran dengan model learning cycle 5E materi teorema Pythagoras untuk siswa SMP kelas VIII / Qoimatus Saadah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan perangkat pembelajaran dengan model learning cycle 5E materi teorema Pythagoras untuk siswa SMP kelas VIII / Qoimatus Saadah

Saadah, Qoimatus (2017) Pengembangan perangkat pembelajaran dengan model learning cycle 5E materi teorema Pythagoras untuk siswa SMP kelas VIII / Qoimatus Saadah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Saadah Qoimatus.2016. PengembanganPerangkat Pembelajaran dengan ModelLearning Cycle 5E Materi Teorema Pythagoras untuk Siswa SMP Kelas VIII.Skripsi. JurusanMatematika. FMIPA. UniversitasNegeri Malang. Pembimbing Dra. Ety Tejo Dwi Cahyowati M.Pd. Kata kunci pengembangan perangkat pembelajaran model Learning cycle 5E teorema Pythagoras. Matematika merupakan ilmu dasar yang sangat pentinguntuk meningkatkan kualitas pendidikan namun kenyataannya banyak siswa yang menganggap bahwa matematika merupakan pelajaran yang sulit dan membosankan. Salah satu materi yang dianggap sulit oleh siswa adalah materi teorema Pythagoras. Masalah tersebut dapat diminimalisir denganmodel pembelajaran yang digunakan. Model yang dipilih harus bisa memfasilitasi siswa untuk menemukan konsep sendiri sehingga siswa terlibat aktif dalam pembelajaran. Oleh karena itu dipilih model Learning cycle 5E yang merupakansalahsatu model pembelajarandenganparadigma konstruktivistik yang melibatkan siswa aktif dalam pembelajaranmelalui 5 tahapyaituengagement exploration explanation elaboration dan evaluation. Model yang dipilih dalam kegiatan pembelajaran akan lebih efektif jika ditunjang oleh perangkat yang sesuai. Perangkat yang sesuai dengan model dan materi ini adalah LKS yang dilengkapi dengan alat peraga untuk menemukan teorema Pythagoras.Maka tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan perangkat pembelajaran dengan model Learning cycle 5E pada materi teorema Pythagoras untuk siswa kelas VIII yang valid praktis dan efektif. Model pengembanganpada penelitian inidiadaptasi dari model Plomp yang dimodifikasi. Tahap pengembangan pada model Plomp terdiridari lima faseyaitu (1) faseinvestigasiawal (2) fasedesain (3) faserealisasi/konstruksi (4) fasetes evaluasi danrevisi (5) faseimplementasi. Namun pada pengembangan perangkat ini hanya dilakukan sampai fase keempat yaitu fase evaluasi tes dan revisi. Adapunperangkat yangdikembangkanadalah LKS dan RPP dengan model Learning cycle 5E. Berdasarkanhasilvalidasidari seorang dosen dan guru matematika diperoleh bahwa skor rata-rata kevalidan LKSsebesar 3 755 dan skor rata-rata kevalidan RPP sebesar3 705. Berdasarkan hasil analisis tersebut maka LKS dan RPP yang dikembangkan dinyatakan valid untuk selanjutnya siap diuji cobakan. Uji coba LKS dilakukan kepada 9 siswa SMP. Data yang diperoleh dari kegiatan uji cobaterdiri dari hasil uji kepraktisan LKS dan RPP yang diisi oleh guru praktisi serta hasil tesuji kompetensi dan hasil angket respon siswa yang diisi oleh siswa. Hasil uji kepraktisan menunjukkanbahwaskor rata-rata kepraktisan LKS sebesar 3 585 dan skor rata-rata kepraktisan RPP sebesar 3 585. Dengan demikian perangkat yang dikembangkan dikatakan praktis.Sedangkanhasil uji kompetensi siswa menunjukkan lebih dari atau sama dengan80%siswa mendapatkan nilai di atas Standar Ketuntasan Minimal. Selanjutnyaangket respon siswa menunjukkan bahwa lebih dari atau sama dengan 80%siswa memberikanskor rata-rata 8805 3. Dari kedua hal tersebut dapat disimpulkan bahwa perangkat termasuk kategori efektif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Jan 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/16019

Actions (login required)

View Item View Item