Adu, Yuwelmin Adu (0000) Peningkatan pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah siswa pada topik parabola dan gerak melingkar melalui modeling instruction / YUWELMIN ADU. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah merupakan kemampuan yang harus dipelajari dan dikuasai siswa dalam belajar fisika. Salah satu materi fisika yang membutuhkan kedua kemampuan tersebut adalah materi gerak parabola dan gerak melingkar. Banyak penelitian yang menyebutkan bahwa sebagian besar siswa memiliki konsep yang tidak sesuai dengan yang dimiliki fisikawan. Ketidaksesuaian konsep ini dapat diperbaiki melalui modeling instruction (MI). MI merupakan salah satu pembelajaran yang menggunakan model berupa grafik video atau foto untuk membentuk konsep siswa. MI dilakukan dalam dua tahapan utama yaitu model development dan model deployment. Dengan menggunakan desain kuasi eksperimen bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan pemahaman konsep dan pemecahan masalah topik gerak parabola dan gerak melingkar pada siswa yang belajar menggunakan pembelajaran modeling instruction dengan siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran direct instruction. Pengumpulan data dilakukan melalui pretes dan postes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas modeling instruction secara statistik lebih tinggi daripada siswa direct instruction. Hal ini menunjukkan bahwa pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 22 Sep 0000 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 0000 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/160183 |
Actions (login required)
View Item |