analisis kesulitan siswa mempelajari penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar menggunakan root cause analysis / rahma daniatun - Repositori Universitas Negeri Malang

analisis kesulitan siswa mempelajari penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar menggunakan root cause analysis / rahma daniatun

Daniatun, Rahma Daniatun (2021) analisis kesulitan siswa mempelajari penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar menggunakan root cause analysis / rahma daniatun. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Daniatun Rahma .2021. Analisis kesulitan siswa mempelajari penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar menggunakan Root Cause Analisis. Tesis Program Studi S2 Pendidikan Matematika Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Abd. Qohar M.T. (2) Dr. Hery Susanto M.Si. Kata Kunci Kesulitan Belajar Aljabar Root Cause Analysis 5 Why Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Root Cause Analysis kesulitan Siswa saat mempelajari penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar dan memberikan solusi akar penyebab kesulitan siswa saat mempelajari penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar pada siswa kelas VII. Data yang diolah dalam penelitian ini diperoleh dari hasil siswa mengerjakaan soal tes pada materi penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar dan hasil wawancara implementasi Root Cause Analiysis yang dilakukan kepada siswa kelas VII A SMP Ar-Rohmah Putri Kabupaten Malang. Penentuan subjek penelitian berdasarkan hasil rekap nilai ulangan harian siswa kelas VII A mata pelajaran matematika pada sub materi Bilangan. Dari nilai masing-masing siswa tersebut kemudian diurutkan berdasarkan nilai tertinggi ke nilai terendah. Setelah diperoleh data yang urut dikelompokkan berdasarkan standar nilai KKM pengelompokan selanjutnya peneliti berdiskusi meminta saran dan pertimbangan dari guru matematika dan wali kelas VII A untuk menentukan siswa yang akan dijadikan subjek penelitian. Dari hasil diskusi tersebut dipilihlah 6 orang siswa sebagai subjek. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskripsi. Tehnik analisis data penelitian menggunakan Root Cause Analysis ldquo 5 why rdquo dengan cara bertanya mengapa sebanyak 5 kali atau secara berulang kali hingga menemukan akar dari sebuah permasalahan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa tidak semua siswa memiliki akar masalah kesulitan dalam menyelsesaikan soal penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar yang sama. Adapun akar masalah dari kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar terdapat empat faktor utama. Tiga faktor internal meliputi kondisi badan siswa sedang tidak fit (sakit) malu bertanya pada saat guru menjelaskan materi pelajaran merasa malas dan bosan untuk belajar matematika. Sedangkan Satu faktor eksternal yaitu waktu belajar dimana siswa merasa waktu yang di berikan untuk menyelesaikan soal masih kurang.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Aug 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/160180

Actions (login required)

View Item View Item