Penerapan pembelajaran inkuiri terbimbing yang dapat meningkatkan kemampuan siswa menggunakan representasi eksternal beragam dalam menyelesaikan masalah program linear pada kelas XI / Rina Ramandani - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran inkuiri terbimbing yang dapat meningkatkan kemampuan siswa menggunakan representasi eksternal beragam dalam menyelesaikan masalah program linear pada kelas XI / Rina Ramandani

Ramandani, Rina (2017) Penerapan pembelajaran inkuiri terbimbing yang dapat meningkatkan kemampuan siswa menggunakan representasi eksternal beragam dalam menyelesaikan masalah program linear pada kelas XI / Rina Ramandani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ramandani Rina. 2016. PenerapanPembelajaranInkuiriTerbimbing yang DapatMeningkatkanKemampuanSiswaMenggunakanRepresentasiEksternalBeragamdalamMenyelesaikanMasalah Program Linear padaKelas XI. Skripsi. PendidikanMatematikaUniversitasNegeri Malang. Pembimbing Drs. Eddy Budiono M.Pd Kata kunci PembelajaranInkuiriTerbimbing RepresentasiEksternalBeragam Program Linear Kemampuanmenggunakanrepresentasieksternalberagampadasuatukonsepmatematikadiperlukansiswauntukmemahamikonsepsecaramendalamsertasebagaialatuntukmenyelesaikanmasalah. Berdasarkanhasilobservasi yang dilakukan di kelas XI IPS 1 SMAN 02 Malang diperoleh data awal berupa hasil pekerjaan siswa dalam menyelesaikan permasalahanprogram linear yang menunjukkankemampuansiswamenggunakanrepresentasieksternalberagammasihtergolongrendah. Hal tersebutdikarenakandalam proses pembelajarancenderungtidakmemberikankesempatankepadasiswauntukmengembangkanketerampilanmenggunakanrepresentasieksternal yang beragam. Olehkarenaitu perludilakukanperbaikanpembelajaranyang dapatmembantusiswamengembangkanketerampilanmenggunakanrepresentasiberagamdalammenyelesaikanmasalah program linear. Tujuandaripenelitianiniadalahmendeskripsikanpenerapanpembelajaraninkuiriterbimbing yang dapatmembantusiswamengembangkankemampuandanketerampilanmenggunakanrepresentasieksternalberagamdalammenyelesaikanmasalah program linear. PenelitianinimerupakanPenelitianTindakanKelas (PTK). Subyekdalampenelitianadalahsiswakelas XI IPS 1 SMAN 02 Malang yang berjumlah 34 orang.Siswa kelas XI IPS 1memilikikecenderungankurangantusiasdalambelajarmatematika. Pembelajaraninkuiriterbimbingdalampenelitianiniterdiridarilima tahap pembelajaranyaitu (1) tahapanorientasi menggalipengetahuanprasyaratsiswa (2) menyajikanmasalah membuatpertanyaan yang bersifatinvestigatif (3) merumuskanhipotesis membuatdugaanjawaban (4) mengumpulkan data melakukanaktivitasdanmenjawabpertanyaandalam LKPD (5) mengujihipotesis penarikankesimpulansementara membandingkandugaanjawabandengankesimpulansementara dan (6) menyimpulkan mengeksplorasipengetahuansiswasetelah mengikutipembelajaran. Bentuk bimbingan guru berupa pertanyaan atau instruksi yang disajikan pada LKPD atau disampaikan pada kegiatan tanya jawab. Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwakegiatantanyajawab yang eksploratif pemberiantugas yang bersifatterbuka danpengelolaankelas yang variatifdapatmeningkatkankemampuansiswamenggunakanrepresentasieksternalberagamdalammenyelesaikanmasalah program linear. Hasil penelitian siklus I 80% atau 27 siswa sudah memiliki kemampuan dan keterampilan menggunakan representasi eksternal beragam hasil pengamatan kegiatan guru 80 25% dan hasil pengamatan kegiatan siswa 71 5%. Hasiltersebutbelummemenuhikriteriakeberhasilansehinggadilakukansiklus II. Hasilpenelitiansiklus II 95% atau 32 siswa sudah memiliki kemampuan dan keterampilan menggunakan representasi eksternal beragam hasil pengamatan kegiatan guru 84 33% dan hasil pengamatan kegiatan siswa 81 67%.Hasilpenelitiansiklus II menunjukkanbahwapenelitiantelahmemenuhikriteria yang telahditetapkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jan 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/16018

Actions (login required)

View Item View Item