Apriyanto, Heri (2019) Analisis kesalahan representasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah matematika dan pemberian scaffoldingnya / Heri Apriyanto. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Apriyanto Heri. 2019. Analisis Kesalahan Representasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Matematika dan Pemberian Scaffoldingnya. Tesis. Program Studi Magister Pendidikan Matematika Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Tjang Daniel Chandra M.Si Ph.D (II) Dr. Hendro Permadi M.Si Kata Kunci Representasi Matematis Scaffolding Analisis Kesalahan Representasi adalah bentuk nyata yang dapat dipahami dan dapat mewakili atau menggambarkan tentang sesuatu yang dapat berupa tampilan visual simbol atau grafik. Representasi matematis diperlukan dalam pembelajaran matematika yang dapat membentu siswa memahami konsep memecahkan masalah serta memodelkan fenomena matematika. Ketika siswa menyelesaikan soal pemecahan masalah matematika kesalahan representasi dapat terjadi. Kesalahan representasi didefinisikan sebagai kesalahan dalam mengungkapkan ide atau gagasan matematis siswa dari suatu permasalahan yang diberikan. Untuk memperbaiki kesalahan tersebut maka peneliti memberikan bantuan berupa scaffolding. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan terjadinya kesalahan representasi matematis siswa dan scaffolding yang dilakukan untuk mengatasi kesalahan representasi matematis dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah matematika pada materi pertidaksamaan linier satu variabel segiempat dan segitiga. Penelitian ini dilakukan di kelas VIIIe SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang. Tes awal diberikan untuk memilih subjek berdasarkan jenis kesalahan yang dilakukan yatu kesalahan representasi visual kesalahan representasi verbal dan kesalahan representasi simbolik. Berdasarkan hasil tes awal 2 orang subjek dipilih mewakili setiap jenis kesalahan representasi dengan mempertimbangkan masukan dari guru matapelajaran yang mengajar di kelas VIIIe SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang. Enam subjek diberikan soal tes pemecahan masalah dan scaffolding diberikan saat subjek mengalami kesulitan atau kesalahan. Selanjutnya peneliti melakukan wawancara terhadap masing-masing subjek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga jenis kesalahan representasi matematis dilakukan oleh semua subjek. Subjek yang dipilih dengan jawaban yang benar pada soal a saat tes awal juga melakukan kesalahan pada soal a pada saat tes pemecahan masalah diberikan. Kesalahan representasi matematis yang dilakukan masing-masing subjek berbeda satu dengan yang lainnya. Kesalahan representasi visual yang dilakukan pada awal pengerjaan menyebabkan kesalahan verbal juga terjadi karena bentuk gambar yang dibuat pada soal sebelumnya mempengaruhi pengerjaan pada soal b yang menggunakan representasi verbal. Kesalahan representasi simbolik terjadi karena subjek kurang memahami simbol pertidaksamaan salah mengoperasikan perkalian dengan sifat distributif dan siswa salah dalam mengoperasikan pertidaksamaan yang telah dibuat. Dari keempat langkah pemecahan masalah tidak semua tahapan dilakukan oleh subjek. Beberapa subjek tidak melakukan tahap looking back karena merasa jawaban yang ditulis sudah benar. Kemudian beberapa subjek tidak menuliskan informasi dan masalah yang dipahami dari soal sebagai tahapan memahami masalah (understand the problem). Selain dari itu subjek yang melakukan kesalahan pada tahap memahami masalah (understanding the problem) membuat langkah penyelesaian masalah selanjutnya menjadi salah. Scaffolding untuk semua soal diberikan kepada semua subjek. Scaffolding yang diberikan pada penelitian adalah scaffolding level 2 yang mengacu pada teori Anghileri yaitu reviewing restructuring dan explaining. Scaffolding pada tahap reviewing diberikan berupa pertanyaan penyelidikan pertanyaan yang mengarahkan dan contoh sejenis sehingga subjek dapat memperbaiki kesalahan atau mengatasi kesulitannya. Selain itu peneliti juga memberikan penjelasan terhadap beberapa konsep khususnya tentang garis bantu pada sebuah bidang. Sehingga dengan scaffolding yang diberikan siswa dapat menyelesaikan soal dengan benar.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 22 Jul 2019 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2019 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/160174 |
Actions (login required)
View Item |