Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) bercirikan Perndidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) / Wulida Arina Najwa - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) bercirikan Perndidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) / Wulida Arina Najwa

Najwa, Wulida Arina (2017) Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) bercirikan Perndidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) / Wulida Arina Najwa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Najwa Wulida Arina. 2016. Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Bercirikan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). Skripsi Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing Lathiful Anwar S.Si M.Sc. Kata Kunci Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa PMRI Menurut Salirawati (2014 2) salah satu komponen yang penting dalam sistem pembelajaran adalah keberadaan bahan ajar bagi peserta didik. Bahan ajar yang mendukung keaktifan siswa diantaranya adalah Lembar Kegiatan Siswa (LKS) yang memuat langkah langkah pemecahan masalah. Namun berdasarkan hasil observasi dan analisis pada beberapa LKS hanya berisikan rangkuman materi contoh soal dan latihan soal bukan berisi aktivitas konstruk konsep yang berbasis pemecahan masalah kontekstual. Oleh karena itu peneliti ingin mengembangkan bahan ajar berupa Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Bercirikan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). Lembar Kegiatan Siswa (LKS) bercirikan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) adalah Lembar Kegiatan Siswa (LKS) yang mencerminkan penggunaan enam karakteristik Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) pada aktivitas yang termuat dalam Lembar Kegiatan Siswa (LKS). Enam karakteristik Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) yaitu Penggunaan konteks pada eksplorasi penggunaan model penggunaan kreasi dan kontribusi siswa interaktifitas keterkaitan menggunakan karakteristik alam dan budaya Indonesia. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah model dari penelitian pengembangan Plomp. Langkah langkah pengembangannya menurut Hobri (2010 17) yaitu (1) tahap investigasi awal (2) tahap perencanaan (3) tahap realisasi (4) tahap tes evaluasi revisi. Terdapat tiga kali uji dalam pengembangan ini yaitu (1) Uji Kevalidan (2) Uji Kepraktisan dan (3) Uji Keefektifan. Uji kevalidan dilakukan oleh dua validator yaitu Validator ahli yang terdiri dari satu orang dosen matematika dan Validator praktisi yang terdiri dari satu orang guru matematika. Sedangkan untuk uji kepraktisan peneliti menggunakan lembar observasi kegiatan siswa yang diisi oleh dua observer yaitu satu orang guru matematika dan satu orang mahasiswa matematika. Uji keefektifan dilakukan dengan menggunakan tes yang dilakukan pada 23 orang siswa kelas X sebagai subjek uji coba. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil yaitu (1) skor kevalidan LKS adalah 3 5 dengan kriteria valid (2) uji kepraktisan dinyatakan praktis berdasarkan lembar angket respon siswa dengan skor 3 3 dengan kriteria positif serta lembar observasi siswa dengan skor 3 45 dengan kriteria aktif (3) uji keefektifan berdasarkan hasil tes menunjukan 82 6% siswa dikelas mendapat nilai diatas KKM yaitu 75. Untuk penyempurnaan produk yang dikembangkan penulis tetap melakukan revisi berdasarkan saran dari validator dan hasil uji coba LKS yang dikembangkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Jan 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/16017

Actions (login required)

View Item View Item