Profil gesture siswa dalam menyelesaikan soal matematika / Ewan Gunawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Profil gesture siswa dalam menyelesaikan soal matematika / Ewan Gunawan

Gunawan, Ewan (2020) Profil gesture siswa dalam menyelesaikan soal matematika / Ewan Gunawan. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Gunawan Ewan. 2020. Profil Gesture Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika. Tesis. Program Studi S2 Pendidikan Matematika Jurusan Matematika Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Erry Hidayanto M.Si. (II) Dr. Rustanto Rahardi M.Si. Kata kunci Gesture Menyelesaikan Soal Matematika. Gesture yang dimaksud dalam penelitian ini gerakan tangan yang dilakukan untuk mengarahkan ide dan pikiran dalam menyelesaikan soal matematika secara individu. Jenis gesture digunakan berdasarkan pengklasifikasian Ruhama dkk. yaitu pointing gesture representational gesture dan writing gesture. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil gesture siswa dalam menyelesaikan soal matematika. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X SMA Negeri 2 Dompu yang telah mempelajari materi fungsi linear. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari 4 orang siswa dengan 2 orang siswa kategori jawaban benar (JB1 dan JB2) dan 2 orang kategori jawaban hampir benar (JH1 dan JH2). Data penelitian ini berupa gesture dan hasil wawancara peneliti dengan siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan merekam gesture dan wawancara. Setelah itu melakukan analisis data mengenai profil gesture siswa dalam menyelesaikan soal matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Siswa menyelesaikan soal matematika dengan kategori jawaban benar dan Jawaban hampir benar melakukan pointing gesture representational gesture dan writing gesture. Data yang diperoleh bahwa JB1 JB2 dan JH2 melakukan pointing gesture representational gesture dan writing gesture pada saat menyelesaikan soal berlangsung. Sedangkan JH1 tidak melakukan representational gesture hanya melakukan pointing gesture dan writing gesture saat menyelesaikan soal ataupun masalah. Pointing gesture dilakukan pada saat memusatkan perhatian maupun memfokuskan dirinya untuk mempermudah mendapatkan gambaran informasi memunculkan ide memahami soal dan jawaban ketika proses penyelesaian soal berlangsung. Representational gesture dilakukan pada saat memusatkan perhatian dan memahami maksud dari soal dan grafik untuk mempermudah mendapatkan gambaran dalam melakukan langkah penyelesaian. Sedangkan Writing gesture dilakukan pada saat mendapatkan gambaran dari soal yang dituangkan melalui tulisan. Writing gesture dilakukan mengonkretkan ide dan pikirannya melalui tulisan menuliskan semua yang dianggap perlu dituliskan. Menuliskan informasi atau keterangan dari soal melakukan hitungan dan menuliskan kesimpulan sampai pada penemuan solusi dari masalah yang dihadapi dengan meninggalkan bekas permanen. Melakukan gesture ketika menyelesaikan soal memudahkan siswa memahami masalah menyusun rencana penyelesaian menentukan penyelesaian termaksud mengecek soal dan jawaban.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Mar 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/160130

Actions (login required)

View Item View Item