Pengembangan multimedia interaktif materi kedudukan realtif dua lingkaran dengan pendekatan saintifik untuk siswa kelas XI / Nindy Mustika Wandani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan multimedia interaktif materi kedudukan realtif dua lingkaran dengan pendekatan saintifik untuk siswa kelas XI / Nindy Mustika Wandani

Wandani, Nindy Mustika (2017) Pengembangan multimedia interaktif materi kedudukan realtif dua lingkaran dengan pendekatan saintifik untuk siswa kelas XI / Nindy Mustika Wandani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wandani Nindy Mustika. 2016. Pengembangan Multimedia Interaktif Materi Kedudukan Relatif Dua Lingkaran dengan Pendekatan Saintifik untuk Siswa Kelas XI. Skripsi Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing Syaiful Hamzah Nasution S.Si S.Pd M.Pd. Kata Kunci Multimedia Interaktif Kedudukan Relatif Dua Lingkaran Paradigma kontruktivisme merupakan paradigma yang dianut konsep belajar pada saat ini. Paradigma konstruktivisme tercermin dalam kurikulum 2013 yang menuntut guru menggunakan pendekatan saintifik. Hasil wawancara menunjukkan adanya masalah yaitu siswa susah memahami konsep kedudukan relatif dua lingkaran secara mandiri. Siswa hanya bisa mengerjakan soal tanpa bisa menjelaskan bagaimana konsep kedudukan relatif dua lingkaran tersebut diperoleh padahal kurikulum 2013 menuntut siswa dapat mengonstruksi konsep secara mandiri sesuai paradigma konstruktivisme melalui pendekatan saintifik. Media pembelajaran yang digunakan di sekolahdalam pembelajaran materi kedudukan relatif dua lingkaran masih berupa power point yang berisi ringkasan materi dari buku teks yang masih bersifat memberi dan belum bersifat kontruktivis. Hal ini menyebabkan siswa cenderung pasif dan bosan sehingga hasil belajar tidak maksimal.Hasil observasi menunjukkan siswa lebih memperhatikan apabila guru menyampaikan materi melalui media elektronik dibandingkan melalui ceramah papan tulis atau tanya jawab. Berkaitan dengan hal tersebut maka dilakukan penelitian pengembangan multimedia interaktif materi kedudukan relatif dua lingkaran dengan pendekatan saintifik untuk siswa kelas XI. Penelitian pengembangan ini dilaksanakan dengan tujuan menghasilkan produk multimedia interaktif materi kedudukan relatif dua lingkaran dengan pendekatan saintifik yang valid praktis dan efektif.Model penelitian pengembangan ini mengacu pada model Lee dan Owens yang meliputi (1) Assesment/analysis yang terdiri darineed assesment dan front-end analysis (2) Design (3) Development (4) Implementation dan (5) Evaluation.Produk yang telah dikembangkan divalidasi ke validator ahli materi dan ahli media. Uji coba praktisi lapangan kepada guru dan siswa melalui evaluasi satu lawan satu evaluasi kelompok kecil dan evaluasi lapangan. Sedangkan uji efektifitas dilakukan dengan memperhatikan nilai kuis yang diperoleh siswa setelah menggunakan produk.Data kualitatif berupa kritik saran dan pendapat umum dijadikan bahan pertimbangan dan revisi demi penyempurnaan produk yang dikembangkan. Berdasarkan hasil uji coba diperoleh hasil 90 67% dari validator ahli materi dan 90% dari validator ahli media 90% praktisi lapangan oleh guru 90 6% evaluasi satu lawan satu 93% evaluasi kelompok kecil 93 78% evaluasi lapangan dan 93 75% pada uji efektifitas berdasarkan persentase ketuntasan nilai kuis pada evaluasi lapangan. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa produk multimedia interaktif materi kedudukan relatif dua lingkaran dengan pendekatan saintifik yang telah dikembangkan valid praktis dan efektif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Jan 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/16013

Actions (login required)

View Item View Item