Puspitasari, Yesy Puspitasari (0000) Pengembangan perangkat pembelajaran berdasarkan metode socrates untuk memunculkan disposisi matematis siswa / YESY PUSPITASARI. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pengembangan perangkat pembelajaran adalah aspek yang sangat penting untuk meningkatkan kompetensi pendidik. Pengembangan perangkat pembelajaran matematika ini didasarkan pada fakta tentang kurangnya kemampuan disposisi matematis siswa kelas VII di MTs Al-Qodiri Jember. Pada observasi awal menunjukkan bahwa siswa kurang berkembang dalam kemampuan disposisi matematis. Hal ini terlihat ketika guru memberikan pertanyaan kepada siswa siswa kurang tegas dan lugas dalam menjawab pertanyaan guru. Berdasarkan masalah tersebut maka dikembangkan perangkat pembelajaran berupa LKS dan RPP yang memuat kegiatan dengan metode Socrates dan model pembelajaran Reciprocal Teaching yang menutut peran aktif siswa dalam proses pembelajaran. Sehingga proses pembelajaran tidak lagi berpusat pada guru melainkan berpusat pada siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan perangkat pembelajaran berdasarkan metode Socrates untuk memunculkan disposisi matematis siswa Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan Plomp. Kriteria kevalidan kepraktisan dan keefektifan ditetapkan oleh peneliti. Kevalidan diperiksa oleh dua validator yaitu satu orang dosen dan satu orang praktisi. Kepraktisan diperiksa oleh satu orang praktisi dan keefektifan diperiksa satu observer dan siswa sebagai pengguna pada saat penerapan produk hasil pengembangan. Untuk mendukung penelitian juga dirancang beberapa instrument yang meliputi (1) lembar validasi (2) lembar observasi dan (3) angket. Dalam penelitian pengembangan ini perangkat dan instrument yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid dengan persentase kevalidan sebagai berikut. Hasil validasi RPP sebesar 94 7% LKS sebesar 95% lembar observasi aktivitas siswa sebesar 96% lembar observasi aktivitas guru sebesar 100% dan angket respon siswa sebesar 98%. Sedangkan untuk kepraktisan diperoleh rata-rata skor kepraktisan terhadap perangkat pembelajaran sebesar 3 7 dan untuk keefektifan diperoleh rata-rata skor sebesar 3 1. Selain kriteria valid efektif dan praktis disposisi matemtais siswa juga diperhatikan pada penelitian ini. Melalui perangkat pembelajaran yang dikembangkan siswa dituntut untuk aktif dalam pembelajaran.Siswa yang sebelumnya tidak percaya diri dan tidak memliki minat untuk belajar matematika menjadi lebih percaya diri dan mulai berminat untuk belajar matematika. Selain itu siswa menjadi lebih berani untuk bertanya kepada guru menjawab pertanyaan guru mengemukakan pendapatnya ketika diskusi di kelas dan tekun dalam menyelesaikan masalah matematika. Dengan demikian pengembangan perangkat pembelajaran berdasarkan metode Socrates memenuhi kriteria valid efektif dan praktis serta dapat memunculkan disposisi matematis siswa kelas VIII Mts Al-Qodiri Jember.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 19 Aug 0000 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 0000 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/160127 |
Actions (login required)
View Item |