Hasanah, Firda Dyah Alvin Hasanah (2021) proses berpikir kritis siswa dalam memecahkan masalah geometri berdasarkan kemampuan matematika dan scaffoldingnya / firda dyah alvin hasanah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Proses berpikir kritis siswa dalam memecahkan masalah geometri masih tergolong rendah salah satunya dapat ditinjau berdasarkan hasil studi PISA pada tahun 2018 Indonesia masih menempati peringkat 73 dari 79 negara peserta. Hal ini menunjukkan bahwa penting untuk dilakukan penelitian terkait proses berpikir kritis siswa dalam memecahkan masalah geometri berdasarkan kemampuan matematika dan scaffoldingnya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian yaitu 3 siswa kelas VIII F di MTs Al Qodiri 1 Jember dengan keterangan 1 siswa kemampuan matematika tinggi 1 siswa kemampuan matematika sedang dan 1 siswa dengan kemampuan matematika rendah. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan bagaimana proses berpikir kritis siswa dalam memecahkan masalah geometri berdasarkan kemampuan matematika baik sebelum dan sesudah pemberian scaffolding. Peneliti bertindak sebagai instrumen utama. Selain itu peneliti juga menggunakan instrumen pendukung yaitu (1) masalah geometri berbentuk uraian (Tes I dan Tes II) (2) pedoman wawancara dan (3) pedoman scaffolding. Sebelum pemberian scaffolding proses berpikir kritis siswa kemampuan matematika tinggi dan kemampuan matematika sedang dalam memecahkan masalah geometri memenuhi kriteria focus dan reason sedangkan siswa dengan kemampuan matematika rendah tidak memenuhi semua kriteria berpikir kritis. Setelah pemberian scaffolding siswa dengan kemampuan matematika tinggi dan kemampuan matematika sedang memenuhi semua kriteria proses berpikir kritis yaitu focus reason inference situation clarity dan overview sedangkan siswa denggan kemampuan matematika rendah hanya memenuhi kriteria focus saja. Terlihat perkembangan siswa dalam memecahkan masalah geometri setelah pemberian scaffolding.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 19 Aug 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/160125 |
Actions (login required)
View Item |