Kemampuan penyelesaian masalah matematika siswa smpn 2 tegalsiwalan pada materi bangun datar berdasarkan langkah-langkah polya ditinjau dari teori van hiele / Lutfi Fatkhurrohman - Repositori Universitas Negeri Malang

Kemampuan penyelesaian masalah matematika siswa smpn 2 tegalsiwalan pada materi bangun datar berdasarkan langkah-langkah polya ditinjau dari teori van hiele / Lutfi Fatkhurrohman

Fatkhurrohman, Lutfi Fatkhurrohman (0000) Kemampuan penyelesaian masalah matematika siswa smpn 2 tegalsiwalan pada materi bangun datar berdasarkan langkah-langkah polya ditinjau dari teori van hiele / Lutfi Fatkhurrohman. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kecepatan penyelesaian masalah untuk setiap individu berbeda-beda tergantung dari jumlah pengetahuan yang dimilikinya kecepatan dalam mengingat pengetahuan sebelumnya tingkat kreativitas siswa dan kemampuan siswa dalam membedakan konsep. Dari hasil studi pendahuluan menyatakan bahwa tingkat pengetahuan geometri siswa dalam menyelesaikan masalah geometri berbed-beda. Hal ini dapat dilihat dari hasil jawaban siswa. Ada siswa yang telah paham materi bangun datar dengan baik dan ada pula siswa yang belum paham materi bangun datar. Teori Van Hiele mengkaji tentang tingkat pengetahuan siswa dalam memahami materi geomatri. P nelitian ini b rtujuan untuk mendeskripsikan k mampuan penyelesaian masalah matematika siswa SMPN 2 Tegalsiwalan pada materi bangun datar berdasarkan langkah-langkah Polya ditinjau dari teori Van Hiele. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas IX yang terdiri dari 2 siswa tingkat 0 (visualisasi) 2 siswa tingkat 1 (analisis) serta 2 siswa tingkat 2 (d duksi informal). Langkah penyelesaian masalah yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan langkah penyelesaian masalah yang dikemukakan oleh Polya. Siswa pada tingkat 2 (Deduksi Informal) dalam menyelesaikan masalah mampu memahami masalah mampu menyusun rencana penyelesaian mampu melaksanakan rencana penyelesaian serta mampu memeriksa solusi yang didapat. Mereka juga mampu memeriksa kemungkinan cara lain dari soal yang diberikan. Siswa pada tingkat 1 (Analisis) dalam menyelesaikan masalah mampu memahami masalah mampu menyusun rencana penyelesaian tetapi belum mampu menghubungkan inform si yang ada dengan informasi yang belum diketahui melaksanakan rencana penyelesaian mampu melaksanakan strategi yang dipilih serta langkah-langkah penyelesaiannya akan tetapi subjek penelitian belum mampu memeriksa setiap langkah-langkah yang digunakan mereka juga belum mampu memeriksa solusi yang didapat. Siswa pada tingkat 0 (Analisis) dalam menyelesaikan masalah mampu memahami masalah tetapi belum mampu menyusun rencana penyelesaian dengan menunjukkan konsep yang akan digunakan belum mampu melaksanakan rencana penyelesaian karena salah saat menentukan informasi yang belum diketahui belum mampu memeriksa solusi yang didapat karena mereka cenderung tidak memeriksa kembali solusi yang diperoleh.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 24 Aug 0000 04:29
Last Modified: 09 Sep 0000 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/160122

Actions (login required)

View Item View Item