Fatmianeri, Yulia Fatmianeri (0000) Pengembangan bahan ajar berbasis differentiated instruction berdasarkan gaya belajar siswa / Yulia Fatmianeri. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Sebagian besar guru masih menggunakan bahan ajar yang siap pakai hanya dibeli instan tanpa upaya merencanakan mempersiapkan serta menyusun sendiri bahan ajarnya. Dengan demikian bahan ajar yang digunakan kurang menarik dan belum memenuhi kebutuhan siswa dalam pembelajaran. Hal ini menjadi sebuah tuntutan bagi seorang guru untuk mengembangkan kreativitasnya menyusun bahan ajar yang inovatif dan kreatif sesuai dengan kurikulum kebutuhan siswa serta perkembangan teknologi informasi. Siswa di kelas mempunyai kemampuan pengalaman dan kebutuhan belajar yang berbeda-beda. Kemampuan awal pengalaman dan kebutuhan belajar siswa yang berbeda menjadi tantangan bagi guru untuk memperhatikan perbedaaan tersebut dengan berbagai pendekatan pembelajaran yang tepat. Jika tidak hanya siswa tertentu saja yang akan meningkat hasil belajarnya. Sementara siswa yang tidak cocok dengan metode pembelajaran tertentu akan terhambat kemampuan belajarnya. Sebab setiap siswa memiliki kekuatan yang cenderung berbeda sesuai dengan sifat dan jenis tugas yang diberikan. Pendekatan pembelajaran Differentiated Instruction(DI)berdasarkan gaya belajar siswa diperlukan untuk siswa beragam. Sebab DIdigunakan untuk meningkatkan dan mengakomodasi kebutuhan pembelajaran siswa baik dari segi kesiapan (kognitif) minat dan juga profil belajar. DImerupakan pendekatan pembelajaran yang berpusat pada siswa dan siswa terlibat di dalamnya. Keragaman tingkat prestasi siswa dalam ruang kelas menjadi penting bagi guru untuk menyesuaikan pelajaran mereka dengan berbagai kebutuhan. Oleh karena itu perlu adanya suatu produk berupa bahan ajar berbasis DIberdasarkan gaya belajar siswa yang dibedakan pada proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses dan hasil pengembangan yang valid praktis dan efektif. Pengembangan dilakukan pada bahan ajar berupa lembar kerja siswa (LKS) berbasis Differentiated Instruction(DI) berdasarkan gaya belajar siswa. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan Plomp yang melalui tiga tahap yaitu (1) preliminary research(penelitian awal) (2) protoyping phase(fase pengembangan) dan (3) assessment phase(fase asesmen). Peneliti melakukan uji coba kecil kepada empat siswa visual empat siswa audio dan tiga siswa kinestetik. Uji coba kecil dilakukan sebagai evaluasi sebelum divalidasi. Hasil uji coba kecil menunjukkan beberapa revisi pada bagian cover isi dan soal latihan. Setelah perbaikan peneliti memberikan produk yang dikembangkan kepada dua validator untuk divalidasi. Dua valiator tersebut adalah validator ahli dan validator praktisi. Hasil analisis kevalidan menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan memenuhi kriteria valid. Meskipun demikian perbaikan produk tetap dilakukan berdasarkan komentar validator. Produk yang dikembangkan kemudian diuji coba di kelas VIII MTsN 2 Pasaman yang terdiri dari enam siswa visual lima siswa audio dan tujuh siswa kinestetik. Uji coba dilakukan untuk mengetahui kepraktisan dan keefektifan produk. Berdasarkan hasil wawancara guru dan wawancara siswa didapatkan produk berkriteria praktis. Selain itu berdasarkan hasil observasi aktivitas guru aktivitas siswa serta nilai rata-rata harian dan hasil tes akhir didapatkan produk berkriteria efektif. Dengan demikian produk yang dikembangkan memenuhi kriteria kevalidan kepraktisan dan keefektifan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 27 Aug 0000 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 0000 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/160121 |
Actions (login required)
View Item |