Mareta, Alifiana Mareta (2021) pengembangan instrumen asesmen untuk mengukur kemampuan koneksi matematis peserta didik pada materi matriks / alifiana mareta. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Instrumen asesmen dalam pembelaran matematika adalah perangkat atau alat yang digunakan untuk memperoleh data atau informasi yang dapat dijadikan dasar pengambilan keputusan yang berhubungan dengan peserta didik terkait pembelajaran matematika. Mampu mengembangkan instrumen asesmen merupakan salah satu kompetensi yang perlu dikuasai oleh guru mata pelajaran matematika. Pembelajaran matematika memiliki tujuan yang ditetapkan oleh kemendikbud yakni agar peserta didik mampu menjelaskan keterkaitan antar konsep dan menggunakan konsep maupun perhitungan secara akurat efisien dan tepat dalam pemecahan masalah matematika. Matriks menjadi salah satu materi yang berhubungan dengan konsep lain dalam matmatika serta penting digunakan dalam bidang ilmu lain. Oleh karena tiga alasan tersebut peneliti mengembangkan instrumen asesmen untuk mengukur kemampuan koneksi matematis peserta didik pada materi matriks. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (research and development) yang digunakan untuk menghasilkan produk serta menguji kevalidan dan kepraktisan produk tersebut. Tahapan yang dilakukan dalam penelitian dan pengembangan ini yaitu 1) analisis kebutuhan 2) pengembangan format produk awal 3) validasi produk 4) uji coba awal 5) revisi produk dan 6) uji coba lapangan. Indikator untuk koneksi matematis yaitu mencari hubungan representasi dari konsep dan prosedur yang ada memahami hubungan antar topik matematika dan memanfaatkan matematika dalam bidang ilmu lain atau kehidupan sehari-hari. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri1 Sampang. Subjek penelitian adalah 6 peserta didik dalam kelompok kecil dan 36 peserta didik kelas XI IPA-6 dalam kelompok besar. Produk yang dihasilkan dalam penelitian dan pengembangan ini adalah instrumen asesmen yang dapat digunakan untuk mengukur kemampuan koneksi matematis peserta didik pada materi matriks. Nilai kevalidan untuk produk adalah 3 42 dengan kategori sangat baik dan nilai kepraktisan untuk produk adalah 3 36 dengan kategori sangat baik pula. Berdasarkan data tersebut disimpulkan bahwa instrumen asesmen untuk mengukur kemampuan koneksi matematis peserta didik telah memenuhi kriteria yang valid dan praktis.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 02 Sep 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/160119 |
Actions (login required)
View Item |