Karakteristik kesalahan siswa smp dalam menyelesaikan masalah matematika berdasarkan tahapan polya ditinjau dari kecerdasan emosional / Putri Ariningtyas - Repositori Universitas Negeri Malang

Karakteristik kesalahan siswa smp dalam menyelesaikan masalah matematika berdasarkan tahapan polya ditinjau dari kecerdasan emosional / Putri Ariningtyas

Ariningtyas, Putri Ariningtyas (2021) Karakteristik kesalahan siswa smp dalam menyelesaikan masalah matematika berdasarkan tahapan polya ditinjau dari kecerdasan emosional / Putri Ariningtyas. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kesalahan yang dapat terjadi saat menyelesaikan masalah operasi bentuk aljabar adalah salah memisalkan variabel menentukan unsur-unsur bentuk aljabar menggunakan simbol matematika dan melakukan operasi hitung bentuk aljabar. Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan ditemukan siswa masih melakukan kesalahan perhitungan pada operasi bentuk aljabar dan salah menentukan unsur-unsur bentuk aljabar. Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi kesalahan siswa yaitu faktor afektif dan kognitif. Faktor kognitif siswa yang berkaitan dengan kemapuan mengingat dan berfikir. Faktor afektif mencakup minat sikap dan emosi. Minat dan motivasi adalah salah satu aspek kecerdasan emosional. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik kesalahan siswa dalam menyelesaikan masalah matematika berdasarkan tahapan Polya ditinjau dari kecerdasan emosional. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data adalah 6 siswa yang diambil dari 32 siswa kelas VII F di SMP Negeri 1 Malang. Subjek penelitian adalah siswa yang memenuhi kriteria diantaranya 1) termasuk dalam kategori kecerdasan emosional tinggi sedang dan rendah berdasarkan hasil pengisian angket 2) bersedia terlibat dalam penelitian dan 3) dapat mengomunikasikan hasil pekerjaannya dengan baik. Keenam subjek diberikan lembar tes terdiri dari 3 item pertanyaan materi operasi bentuk aljabar. Berdasarkan hasil pekerjaan siswa dalam menyelesaikan tes dilakukan wawancara dan analisis berdasarkan tahapan penyelesaian masalah Polya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan kecerdasan emosional tinggi sering melakukan kesalahan pada tahap melaksanakan strategi penyelesaian dengan jenis kesalahan seperti kesalahan dalam melakukan operasi bentuk aljabar dan kesalahan menuliskan model matematika berdasarkan strategi yang telah dirancang. Siswa dengan kecerdasan emosional sedang sering melakukan kesalahan pada tahapan merencanakan startegi dengan jenis kesalahan seperti salah memahami simbol dan menuliskan pemisalan. Siswa salah dalam memahami simbol variabel yang disajikan pada masalah dan menganggap variabel hanya merepresentasikan nilai atau bilangan tertentu. Siswa dengan kecerdasan emosional rendah sering melakukan kesalahan pada tahapan memahami masalah. Siswa menuliskan dan menyebutkan informasi tetapi tidak sesuai dengan masalah yang disajikan atau siswa salah menafsirkan masalah yang disajikan. Kemudian ditemukan bahwa semua siswa dengan kecerdasan emosional tinggi sedang dan rendah tidak melakukan tahapan memeriksa kembali.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 03 Sep 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/160118

Actions (login required)

View Item View Item