Analisis beban kognitif siswa sma dalam menyelesaikan masalah matematika / Anik Rizka Rahmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis beban kognitif siswa sma dalam menyelesaikan masalah matematika / Anik Rizka Rahmawati

Rahmawati, Anik Rizka Rahmawati (2021) Analisis beban kognitif siswa sma dalam menyelesaikan masalah matematika / Anik Rizka Rahmawati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Teori beban kognitif membagi beban kognitif ke dalam tiga kategori beban yakni beban kognitif intrinsik extraneous dan germane. Pembelajaran yang efektif dapat dicapai ketika siswa memperoleh hasil belajar maksimal dan kemampuan penyelesaian masalah yang baik. Hal itu mengacu pada teori beban kognitif. Studi pendahuluan yang telah dilakukan peneliti menunjukkan adanya hasil pekerjaan siswa yang tidak lengkap dalam menyelesaikan masalah pertidaksamaan nilai mutlak. Siswa tidak dapat menentukan simbol model pertidaksamaan himpunan penyelesaian serta ditemukan fakta munculnya beban kognitif extraneous siswa terkait penyajian masalah berbentuk soal cerita. Berdasarkan hal itu peneliti mengkaji lebih dalam terkait ketiga kategori beban kognitif dalam menyelesaikan masalah matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan dan menganalisis beban kognitif siswa SMA dalam menyelesaikan masalah matematika. Penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei 2021. Terpilih lima siswa kelas X-IPA 7 SMAN 1 Geger berdasarkan langkah-langkah penyelesaian yang tidak lengkap atau menunjukkan kesalahan pada hasil pekerjaan siswa. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui tes pengetahuan awal tes kedua kuesioner dan wawancara. Kesalahan siswa yang menjadi beban kognitif intrinsik diantaranya adalah mengidentifikasi dan menterjemahkan masalah yang disajikan. Selain itu kurang mampu mengomunikasikan hasil pekerjaan siswa dan menguasai konsep nilai mutlak juga menandai adanya beban kognitif intrinsik siswa. Terdapat kesalahan siswa yang tidak dominan tinggi dalam menggunakan tanda hubung ldquo atau/dan rdquo pada bagian kesimpulan. Beban kognitif extraneous nampak ketika penyajian masalah dengan melibatkan dua tanda nilai mutlak dan berbentuk narasi (cerita) dapat menyulitkan siswa. Desain pembelajaan yang digunakan guru untuk menyampaikan materi nilai mutlak tidak dapat mendukung kebutuhan siswa untuk mengelola beban kognitif intrinsik yang diemban olehnya. Hal itu mengakibatkan beban kognitif extraneous tergolong tinggi. Faktor internal siswa yang kurang mendukung membuat materi yang disampaikan guru tidak diproses dengan baik oleh siswa. Beban kognitif germane berhubungan dengan usaha mental siswa yang positif dengan kegiatan belajarnya seperti menggunakan cara mencoba-coba sesuai kemampuannya berusaha bertanya kepada guru guru les dan berdiskusidengan teman sekelas. Siswa pada penelitian ini juga mengungkapkan bahwa memanfaatkan internet dan youtube untuk menunjang pemahamannya terhadap materi nilai mutlak.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Sep 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/160117

Actions (login required)

View Item View Item