Karakteristik kesalahan siswa dalam melakukan pemecahan masalah matematika / EKA FITRI NURANI - Repositori Universitas Negeri Malang

Karakteristik kesalahan siswa dalam melakukan pemecahan masalah matematika / EKA FITRI NURANI

Nurani, Eka Fitri Nurani (2021) Karakteristik kesalahan siswa dalam melakukan pemecahan masalah matematika / EKA FITRI NURANI. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Nurani E. F. 2021. Karakteristik Kesalahan Siswa dalam Melakukan Pemecahan Masalah Matematika. Tesis Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. I Nengah Parta M.Si. (2) Dr. Ir. Hendro Permadi M.Si. Kata Kunci karakteristik kesalahan siswa pemecahan masalah matematika masalah open ended Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik kesalahan siswa dalam pemecahan masalah matematika. Dari teori yang digunakan kesalahan pemecahan masalah meliputi kesalahan konseptual kesalahan prosedural dan kesalahan faktual. Kesalahan tersebut dapat disebabkan karena kesalahan siswa dalam mengaplikasikan konsep prosedur dan pemahaman ketika melakukan pemecahan masalah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian dilaksanakan dibeberapa sekolah yaitu SMP Negeri 2 Watulimo dan SMP Negeri 7 Malang secara online. Subjek penelitian adalah siswa kelas IX dengan teknik pusposive sampling. Peneliti memberikan soal kepada 41 siswa dari kedua sekolah kemudian dipilih 7 siswa yang mengalami kesalahan dalam melakukan pemecahan masalah dengan rincian 5 siswa mengalami kesalahan esensial dan 2 siswa mengalami kesalahan semu. Analisis data yang dilakukan dalam penelitian yaitu mengorganisasi data mentranskrip data dan menganalisis data. Pemilihan subjek menggunakan instrumen berupa dua masalah matematika yang diadaptasi dari soal PISA yang dalam penyelesaiannya memerlukan kemampuan pemahaman masalah yang tinggi. Hasil penelitian ini diperoleh karakteristik kesalahan esensial yaitu 1) data tidak tepat 2) masalah hierarki keterampilan 3) data hilang 4) prosedur tidak tepat dan 5) simpulan hilang. Sedangkan karakteristik kesalahan semu adalah pemahaman terhadap sebagian masalah yang diberikan. Kedua kesalahan tersebut memiliki kemiripan dan perbedaan pada masing-masing subjek. Persamaan tersebut terjadi karena kurangnya pemahaman terhadap masalah yang diberikan sehingga menyebabkan kesalahan esensial ataupun kesalahan semu. Sedangkan perbedaannya adalah hasil refleksi yang dilakukan ketika wawancara dapat menunjukkan jawaban yang salah untuk subjek kesalahan esensial dan jawaban yang tepat untuk subjek kesalahan semu. Terdapat 39 siswa mengalami kesalahan esensial. Hal ini terjadi karena siswa kurang mampu memahami masalah yang diberikan. Sehingga siswa hanya menuliskan peyelesaian sekedarnya saja. Selain hal itu dikarenakan penelitian yang dilakukan secara daring peneliti tidak dapat mengontrol secara langsung ketika siswa menyelesaikan masalah sehingga kemungkinan banyak dari siswa yang saling bertukar jawaban secara online terlihat dari kemiripan jawaban dari beberapa siswa. Untuk itu penelitian selanjutnya diharapkan melakukan penelitian secara langsung untuk menghindari siswa yang saling bertukar jawaban.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Sep 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/160114

Actions (login required)

View Item View Item