Interaksi siswa pada aktivitas diskusi kelompok dalam menyelesaikan penugasan geometri / Aulia Nadia Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Interaksi siswa pada aktivitas diskusi kelompok dalam menyelesaikan penugasan geometri / Aulia Nadia Sari

Sari, Aulia Nadia Sari (2021) Interaksi siswa pada aktivitas diskusi kelompok dalam menyelesaikan penugasan geometri / Aulia Nadia Sari. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui interaksi siswa pada aktivitas diskusi kelompok dalam menyelesaikan penugasan Geometri. Selain itu penelitian ini juga untuk mengetahui pemosisian siswa pada interaksi dalam menyelesaikan penugasan geometri. Pola interaksi dalam diskusi dikaji menggunakan Teori Pemosisian. Teori Pemosisian yang dimaksud dalam penelitian ini adalah teori yang menyatakan bahwa pada proses interaksi siswa dapat diposisikan pada 3 posisi yaitu sebagai pemula fasilitator atau ahli. Posisi tersebut bukan diperoleh melalui pilihan akan tetapi diamati saat interaksi berlangsung. Interaksi dalam posisi sebagai pemula dicirikan dengan siswa memosisikan dirinya kurang kompeten dengan cara sering bertanya kepada ahli sedikit berpendapat atau pemula sering mendapat perintah dari siswa yang lain untuk melakukan suatu tindakan. Interaksi dalam posisi sebagai fasilitator dicirikan dengan siswa melakukan tindakan mengorganisasikan kegiatan kelompok membagi tugas tiap anggota kelompok secara aktif mendorong anggota kelompok untuk berkontribusi dalam menyelesaikan penugasan secara bersama-sama. Interaksi dalam posisi ahli dicirikan dengan siswa sering diberikan wewenang untuk memberikan keputusan apakah pekerjaannya sendiri dan siswa lain benar sering mendapat pertanyaan dari siswa pemula atau sering memberikan saran dan ide dalam menyelesaikan penugasan secara bersama-sama. Siswa dapat diposisikan lebih dari satu posisi dalam suatu interaksi. Sistem negosiasi digunakan untuk mempelajari bagaimana siswa menentukan posisi melalui pembicaraan mereka. Untuk mencapai tujuan penelitian jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dan pendekatan naratif. Penelitian kualitatif ini dipilih untuk memahami fenomena yang dialami subyek penelitian dalam menyelesaikan penugasan Geometri secara berkelompok. Penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Giri Banyuwangi dan subyek penelitian yaitu kelas XI IPA 6 sebanyak 16 siswa. Subyek penelitian yang dipilih yaitu Kelompok 1 Kelompok 2 dan Kelompok 3. Instrumen penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu instrumen tugas pedoman wawancara dan pedoman observasi. Selain itu peneliti juga menggunakan pedoman pemosisian dan pedoman negosiasi untuk menganalisis pola interaksi dan menganalisis konten interaksi. Hasil penelitian menyatakan bahwa Kelompok 1 melakukan 170 ungkapan Kelompok 2 melakukan 133 ungkapan dan Kelompok 3 melakukan 231 ungkapan. Ketiga kelompok menggunakan sebagian besar waktu untuk berdiskusi terkait dengan sumberdaya dan operasi. Kelompok 1 mempunyai 2 ahli Kelompok 2 dan Kelompok 3 masing-masing mempunyai 1 ahli. Salah satu ahli pada Kelompok 1 dapat diposisikan pada dua posisi yaitu ahli dan fasilitator. Sedangkan ahli dan fasilitator untuk Kelompok 2 dan Kelompok 3 adalah dua orang yang berbeda. Alur diskusi Kelompok 1 dan Kelompok 3 yaitu alur putar balik dan alur diskusi Kelompok 2 yaitu alur maju. Pada saat berinteraksi siswa memosisikan dirinya sendiri dan juga diposisikan oleh orang lain. Siswa ahli secara konsisten bertindak sebagai siswa pertama serba tahu untuk mempertahankan posisinya sebagai ahli. Siswa fasilitator berperan penting dalam memberikan fasilitas kegiatan kelompok. Fasilitator konsisten bertindak sebagai aktor kedua yang bertujuan untuk melakukan kontrol aktivitas diskusi. Peneliti mengategorikan arah tantangan menjadi dua tipe yaitu tipe kompleks dan tipe sederhana. Arah tantangan tipe kompleks dihasilkan oleh Kelompok 1 dan tipe sederhana dihasilkan oleh Kelompok 2 dan 3. Kelompok 1 disebut kompleks disebabkan oleh arah tantangan yang dihasilkan bermacam-macam diantaranya yaitu tantangan kepada orang lain dan tantangan diri sendiri. Sedangkan Kelompok 2 dan 3 disebut sederhana disebabkan oleh arah tantangan yang dihasilkan satu macam saja yaitu tantangan kepada orang lain.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 26 Sep 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/160113

Actions (login required)

View Item View Item