Penalaran matematis siswa dalam pemecahan masalah sistem persamaan linear dua variabel / Retno Wulansari - Repositori Universitas Negeri Malang

Penalaran matematis siswa dalam pemecahan masalah sistem persamaan linear dua variabel / Retno Wulansari

Wulansari, Retno Wulansari (2021) Penalaran matematis siswa dalam pemecahan masalah sistem persamaan linear dua variabel / Retno Wulansari. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penalaran adalah proses berpikir yang berusaha menghubungkan fakta-fakta yang diketahui menuju kepada suatu kesimpulan. Materi matematika dan penalaran matematika merupakan dua hal yang tidak dapat dipisahkan karena dalam menyelesaikan permasalahan matematika memerlukan penalaran dan kemampuan penalaran dapat dilatih dengan belajar matematika. Kemampuan penalaran setiap siswa satu dengan yang lainnya pasti tidak sama sehingga pemecahan masalah matematika yang dilakukan siswa juga berbeda. Maka diperlukan perhatian khusus terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika dan kemampuan penalaran.Pada umumnya di sekolah menengah masih banyak yang mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal-soal cerita. Keadaan ini disebabkan kurangnya pemahaman terhadap langkah-langkah yang perlu dilakukan dan kurangnya latihan dalam menggunakan penalaran yang dimiliki. Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran matematis siswa dalam pemecahan masalah sistem persamaan linear dua variabel. Penelitian ini dilakukan di SMP An-Nur Bululawang kelas VIII-F sejumlah 32 siswa perempuan. Pemilihan subjek penelitian berdasarkan tingkat kemampuan matematika yang didasarkan pada data rata-rata nilai rapor seluruh mata pelajaran pada semester ganjil tahun ajaran 2020/2021 kelas VII-F SMP An-Nur Bululawang. Dari data rata-rata nilai rapor tersebut subjek dikelompokkan berdasarkan kemampuan matematika tinggi sedang dan rendah. Pada penelitian ini dipilih 6 subjek penelitian. Enam subjek penelitian ini dipilih dari 3 kelompok yaitu tinggi sedang rendah dan masing-masing kelompok diambil 2 subjek penelitian. Subjek penelitian kemampuan matematika tinggi mampu menyelesaikan masalah nomor 1 dan 2 secara benar. Saat dilakukan wawancara subjek mampu menjelaskan hasil jawaban yang dituliskan pada lembar jawaban secara jelas dan percaya diri. Subjek kemampuan matematika tinggi mampu memenuhi tahapan Polya pada semua indikator penalaran matematis. Subjek kemampuan matematika sedang dalam mengerjakan masalah nomor 1 dan 2 melakukan kesalahan dalam membuat persamaan matematika. Subjek masih bingung menentukan jumlah aroma lilin lemon. Sedangkan untuk masalah nomor 1 subjek mengatakan bahwa masalah nomor 1 tergolong sulit.Sehingga subjek kelompok kemampuan matematika sedang hanya memenuhi indikator kemampuan mengajukan dugaan. Subjek kemampuan matematika rendah masih mengalami kesulitan dalam menyelesaikan masalah nomor 1 dan 2. Kedua subjek mengatakan bahwa masih belum bisa menggunakan metode eliminasi maupun subtitusi. Subjek juga masih belum mampu membuat persamaan dari permasalahan yang diberikan. Mereka hanya mampu menyebutkan apa yang diketahui dan apa yang ditanyakan pada masalah nomor 1 dan 2.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Sep 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/160111

Actions (login required)

View Item View Item