Penerapan pembelajaran TGT berbasis tahapan Newman untuk meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika bagi siswa kelas XI-MIA-3 SMAN 1 Kejayan Pasuruan / Ayu Anita Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran TGT berbasis tahapan Newman untuk meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika bagi siswa kelas XI-MIA-3 SMAN 1 Kejayan Pasuruan / Ayu Anita Sari

Sari, Ayu Anita (2016) Penerapan pembelajaran TGT berbasis tahapan Newman untuk meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika bagi siswa kelas XI-MIA-3 SMAN 1 Kejayan Pasuruan / Ayu Anita Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sari Ayu Anita. 2016. Penerapan Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Berbasis Tahapan Newman Untuk Meningkatkan Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika bagi Siswa Kelas XI-MIA-3 SMAN 1 Kejayan. Skripsi Prodi Pendidikan Matematika Fakultas MIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing Prof. Dr. Cholis Sa dijah M.Pd Kata kunci Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Tahapan Newman Kemampuan siswa menyelesaikan soal cerita matematika. Berdasarkan hasil observasi awal pada kelas XI-MIA-3 menunjukkan bahwa masih banyak siswa yang mengalami masalah dalam menyelesaikan soal cerita siswa kurang antusias dalam mengikuti pembelajan dan siswa dengan kemampuan tinggi cenderung bersikap individual. Hal ini dikarenakan guru jarang memberikan soal cerita dan hanya menyajikan soal biasa (bukan soal cerita). Guru juga jarang menggunakan pembelajaran yang inovatif yang dapat membuat siswa antusias dan termotivasi dalam mengikuti pembelajaran. Oleh karena itu perlu adanya pembelajaran yang dapat mengatasi kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika menumbuhkan kerjasama kelompok dan pembelajran yang menyenangkan salah satu melalui penerapkan Pembelajaran TGT Berbasis Tahapan Newman. Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika menggunakan model pembelajaran TGT berbasis tahapan Newman. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dikembangkan oleh Kemmis. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap 2015/2016 pada siswa kelas XI-MIA-3 SMAN 1 Kejayan.Jumlah siswa pada kelas tersebut adalah 27 siswa dengan 12 siswa perempuan dan 15 siswa laki-laki. Instrumen yang digunakan peneliti untuk mengetahui persentase banyaknya siswa yang dapat menyelesaikan soal cerita ialah LKS game dan tes akhir siklus. Dari nilai awal siswa yang didapatkan dari tes awal didapatkan hasil persentase siswa berkemampuan tinggi sedang dan rendah beturut-turut 18 5% 29 6% 51 6%. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I persentase siswa berkemampuan tinggi sedang dan rendah berturut-turut adalah 29 6% 48% dan 22 4%. Ternyata hasil ini masih belum sesuai dengan kriteria keberhasilan penelitian sehingga perlu dilakukan siklus II dan memperbaiki kelemahan-kelemahan pada siklus I. Setelah dilakukan tindakan pada siklus II persentase siswa berkemampuan tinggi sedang dan rendah berturut-turut adalah 40 1% 51% dan 9 9% Pembelajaran TGTBerbasis tahapan Newman yang dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika yaitu diawali dengan presentasi kelas kemudian siswa belajar secara berkelompok dengan mengerjakan Lembar Kerja Siswa (LKS). Setelah waktu mengerjakanLKS selesai guru memilih salah satu kelompok untuk mempresentasikan hasil pengerjaan LKS. Selanjutnya dilaksanakan game turnamen dengan menggunakan peta yang ditayangkan dalam tayangan power point setelah game selesai dilakukan pengecekan jawaban game dan penghitungan skor team yang dilanjutkan dengan penghargaan kelompok dan refleksi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Nov 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/16011

Actions (login required)

View Item View Item