Motivasi ekstrinsik siswa pada pembelajaran daring seni budaya selama pandemi covid-19 di SMA Negeri se Kabupaten Probolinggo / Sri Wulandari - Repositori Universitas Negeri Malang

Motivasi ekstrinsik siswa pada pembelajaran daring seni budaya selama pandemi covid-19 di SMA Negeri se Kabupaten Probolinggo / Sri Wulandari

Wulandari, Sri (2020) Motivasi ekstrinsik siswa pada pembelajaran daring seni budaya selama pandemi covid-19 di SMA Negeri se Kabupaten Probolinggo / Sri Wulandari. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Wulandari Sri. 2020. Motivasi Ekstrinsik Siswa Pada Pembelajaran Daring Seni Budaya Selama Pandemi Covid-19 di SMA Negeri Se Kabupaten Probolinggo. Tesis Magister Keguruan Seni Rupa Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Pujiyanto M. Sn (2) Dr. Iriaji M. Pd Kata Kunci Motivasi Ekstrinsik Pembelajaran Daring Pandemi Covid-19 Seni Budaya SMA Terdapat beberapa faktor yang turut mendukung terlaksananya pembelajaran daring selama masa pandemi Covid-19. Salah satunya motivasi yang berasal dari luar diri siswa sangat penting untuk dikaji lebih dalam karena melalui dorongan dari luar yang dilakukan berulang diyakini dapat membuat perilaku siswa berubah sesuai dengan apa yang ditargetkan guru/orang tua utamanya di masa pandemi Covid-19. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis bentuk-bentuk motivasi ekstrinsik yang sengaja dibentuk dalam pembelajaran daring Seni Budaya di masa pandemi Covid-19 dan bagaimana perilaku siswa setelah menerima motivasi tersebut. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Fokus dalam penelitian ini adalah siswa tingkat SMA se Kabupaten Probolinggo. Data primer diperoleh dari ucapan atau buah pikir dari narasumber (siswa) sedangkan data sekunder diperoleh dari keterangan pendukung yakni dari guru Seni Budaya dan orang tua. Untuk memperoleh data peneliti menggunakan observasi langsung dan tak langsung dengan menyebarkan Google Form dan wawancara langsung secara bebas terpimpin melalui sambungan media telepon dan Zoom Meeting. Teknik menganalisis menggunakan reduksi data penyajian kemudian dilanjutkan dengan penarikan kesimpulan. Data-data yang didapat kemudian dicek keabsahannya melalui triangulasi sumber dan perpanjangan waktu. Dari temuan di lapangan diperoleh hasil sebagai berikut (1) Terdapat beberapa hal yang menjadi penggerak siswa melaksanakan pembelajaran daring Seni Budaya di masa pandemi Covid-19 untuk tingkat SMA Negeri Kabupaten Probolinggo yaitu adanya reinforcement berupa bantuan paket data internet pujian dan penambahan nilai dari guru sedangkan dari orang tua adalah pujian dan pembelian paket data internet serta punishment dari guru berupa pengurangan nilai dan 2) Melalui adanya stimulus yang sengaja dibuat oleh guru lingkungan maupun orang tua membuat beberapa siswa menjadi rajin belajar termasuk terlibat aktif dalam menggunakan media digital didukung oleh alat komunikasi yang memadai dan wilayah tempat tinggal dengan kualitas jaringan internet stabil siswa menjadi aktif berkolaborasi dengan teman serta bertanya jawab dengan guru apabila terdapat kesulitan dalam belajar Seni Budaya secara daring. Namun beberapa siswa lainnya tidak terpengaruh dengan stimulus yang sengaja dibuat tersebut karena beberapa kendala teknis yang muncul seperti sulitnya akses sinyal di wilayah tempat tinggal siswa dan ketersediaan alat komunikasi yang kurang memadai. Perilaku siswa masih belum mencerminkan sikap aktif memanfaatkan media digital dan terlambat menunaikan tugas sesuai deadline sehingga diperlukan kecakapan guru dalam memilih dan mengolah stimulus yang sesuai dengan karakter siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S2 Keguruan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 May 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/160107

Actions (login required)

View Item View Item