Pembelajaran luar kelas seni budaya di SD, SMP, SMA pada sentra industri gerabah Pagelaran Kabupaten Malang / Muhammad 'Afaf Hasyimy - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembelajaran luar kelas seni budaya di SD, SMP, SMA pada sentra industri gerabah Pagelaran Kabupaten Malang / Muhammad 'Afaf Hasyimy

Hasyimy, Muhammad 'Afaf (2020) Pembelajaran luar kelas seni budaya di SD, SMP, SMA pada sentra industri gerabah Pagelaran Kabupaten Malang / Muhammad 'Afaf Hasyimy. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajaran luar kelas menjadi topik untuk memahami kegiatan transfer ilmu pengetahuan. Kegiatan belajar luar kelas mempunyai dasar yang dapat membuat siswa mampu mengelaborasi pengetahuan secara mendalam dan kompleks. Peneliti termotivasi untuk mengkaji proses pembelajaran luar kelas secara empirik. Tujuan penelitian adalah (1) Menganalisis strategi pembelajaran luar kelas pada mata pelajaran seni budaya di sentra industri gerabah Pagelaran (2) Menganalisis proses keterlibatan siswa pada pembelajaran luar kelas melalui pada mata pelajaran seni budaya di sentra industri gerabah Pagelaran (3) Menganalisis aktivitas kehidupan nyata pada pembelajaran luar kelas melalui pada mata pelajaran seni budaya di sentra gerabah Pagelaran. Metode penelitian menggunakan deskriptif kualitatif dengan fokus analisis pembelajaran luar kelas. Subjek penelitian ada tiga sekolah yakni SD Negeri 1 Pagelaran SMP Sunan Ampel Pagelaran SMA An-Nur Bululawang. Ketiga sekolah tersebut lokasinya tidak jauh dari sentra industri gerabah Pagelaran. Wawancara dilakukan dengan teknik bebas terpimpin. Teknik keabsahan data menggunakan teknik triangulasi data dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukan (1) SD strategi pembelajaran luar kelas sebagai merubah pola pembelajaran untuk membuat siswa aktif referensi teknik dan mengenalkan budaya. SMP strategi pembelajaran luar kelas sebagai pelestari budaya dan berkreasi seni patung dari tanah liat. SMA strategi pembelajaran luar kelas sebagai menumbuhkan cinta pada budaya lokal berkarya seni rupa 3 dimensi dan analisis nilai-nilai kearifan lokal. (2) SD siswa tidak dilibatkan proses berkreasi membuat kerajinan tanah liat namun terdapat dorongan guru dengan menstimulus siswa untuk aktif terlibat. SMP siswa terlibat aktif dalam berkreasi seni patung dari tanah liat terdapat upaya guru menstimulus siswa untuk aktif melalui berkreasi secara kelompok. SMA siswa terlibat aktif dalam pembentukan kerajinan tanah liat dan mendiskusikan secara kritis terdapat dorongan guru untuk mengembangkan intelektual siswa. (3) SD aktivitas nyata sebagai dorongan terhadap nilai-nilai pendidikan karakter melalui kearifan lokal menabung peduli dan cinta lingkungan. SMP aktivitas nyata sebagai dorongan untuk berpikir kritis berkomunikasi kerjasama dan kreativitas. SMA aktivitas nyata sebagai upaya menumbuhkan sikap komunikatif interaksi sosial dan nilai kehidupan. Kesimpulan penelitian ini (1) strategi pembelajaran luar kelas sebagai metode dalam merubah pola mengajar siswa dapat berinteraksi secara nyata dengan sumber belajar secara aktif (2) keterlibatan siswa termotivasi melalui stimulus guru dan interaksi sosial antar teman (3) kondisi sosial di lokasi sebagai upaya guru untuk mengimplementasikan nilai sosial dan interaksi kritis melalui kerjasama.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S2 Keguruan Seni Rupa
Depositing User: library UM
Date Deposited: 03 May 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/160106

Actions (login required)

View Item View Item