Pengembangan lembar kerja siswa berbasis quantum teaching untuk materi persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel kelas VII / Erika Anggraeni - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan lembar kerja siswa berbasis quantum teaching untuk materi persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel kelas VII / Erika Anggraeni

Anggraeni, Erika (2016) Pengembangan lembar kerja siswa berbasis quantum teaching untuk materi persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel kelas VII / Erika Anggraeni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Anggraeni Erika. 2016. Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Quantum Teaching UntukMateriPersamaandanPertidaksamaan Linear SatuVariabelKelas VII. Skripsi.JurusanMatematika. FakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlam. UniversitasNegeri Malang. Pembimbing IndriatiNurulHidayah S.Pd M.Si. Kata kunci lembar kerja siswa quantum teaching Berdasarkanhasilobservasi oleh peneliti ketika melaksanakan Kajian Praktik Lapangan pada bulan November sampai dengan Desember 2015 di salah satu SMP Swasta di kota Malang dan siswa kelas VII di salah satu SMP Negeri di kota Malang pada bulan Februari 2016 bahan ajar yang digunakanberupa Lembar Kerja Siswa yang berisi latihansoal-soal dan guru masih memberikan konsep materi kepada siswa yang mengakibatkansiswacenderungmenghafalrumus-rumusdankurangmemahamikonsep yang sebenarnya sehingga sebagian siswa sering mengalamikebosanandankesulitandalammengerjakanberbagaimacam soal yang bervariasidalam kegiatan pembelajaran. Peneliti melakukan observasi kembali mengenai Lembar Kerja Siswa yang beredar di toko-toko buku di kota Malang seperti TM dan DI pada bulan September 2015. Lembar Kerja Siswa yang beredar tersebut berisi materi ringkasan materi dan soal-soal latihan saja. Olehkarenaitu penulis mengembangkan Lembar Kerja Siswa yang dapatmenghilangkankebosanan menciptakansuasanapembelajaran yangmenyenangkan danmenumbuhkanminatbelajarsiswadenganmenggunakan model pembelajaranquantum teachingdengansintakspembelajaran TANDUR. Penelitianinibertujuanuntukmenghasilkan Lembar Kerja Siswaberbasisquantum teachinguntukmateripersamaandanpertidaksamaan linear satu variable kelas VII yang valid praktisdanefektif. Model pengembangan yang digunakandalampenelitianiniadalah model pengembanganPlomp dengan modifikasi (Hobri 2010). Berdasarkanhasilujikevalidan ujikepraktisan dan uji keefektifan Lembar Kerja Siswaberbasisquantum teachingdinyatakan valid karenasudahmemenuhisintaks TANDUR yang telahdivalidasioleh validator danmemenuhikategori valid ditunjukkandengannilai rata-rata total semua aspek 3 77. Lembar Kerja Siswaberbasisquantum teachingdinyatakanpraktis karenasudahmemenuhisintaks TANDUR yang telahditerapkankepadaseluruhsiswakelas VII melaluipengamatan observer danhasilangketresponsiswa ditunjukkandengannilai rata-rata data hasil observer 3 25 dannilai rata-rata data hasilangket respon siswa 3 47. Lembar Kerja Siswaberbasisquantum teachingdinyatakanefektif karenadapatmembawahasilnilai rata-rata tesevaluasilebihdariatausamadengan 75 ditunjukkandengannilai rata-rata hasiltesevaluasiseluruhsiswa 80 6. Olehkarenaitu produk yang dikembangkantelahmemenuhikriteria valid praktis danefektif sehinggatujuandaripenelitianinitelahtercapaidan Lembar Kerja Siswaberbasisquantum teachingtelahlayakuntukdigunakandalampembelajaransebagai alternatifbahan ajar yang dapatmenunjangpembelajaransiswapadamateripersamaandanpertidaksamaan linear satuvariabel.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Oct 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/16010

Actions (login required)

View Item View Item