Ratnasari, Puspita (2016) Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) dengan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) pada materi bangun ruang sisi datar SMP kelas VIII / Puspita Ratnasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Ratnasari Puspita. 2016. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Dengan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar SMP Kelas VIII. Skripsi. Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan IlmuPengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Sri Mulyati M. Pd. Kata Kunci Lembar Kerja Siswa (LKS) pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) bangun ruang sisi datar. Sumber belajar berupa LKS yang tidak konstruktivis masih ditemui dalam pembelajaran di sekolah. LKS tersebut hanya memuat rumus dan latihan soal saja. LKS tersebut juga belum memuat tahapan untuk menuntun siswa menemukan konsep materi. Berdasarkan hasil wawancara juga diketahui bahwa masih banyak siswa yang belum memahami konsep bangun ruang sisi datar. Oleh karena itu peneliti bermaksud mengembangkan LKS dengan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) pada materi bangun ruang sisi datar untuk siswa SMP kelas VIII yang valid praktis dan efektif. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah hasil modifikasi dari model Plomp (Hobri 2010 17) yang terdiri dari empat fase yaitu (1) fase investigasi awal (2) fase desain (3) fase realisasi/konstruksi serta (4) fase tes evaluasi dan revisi. Pada penelitian ini dilakukan uji kevalidan uji kepraktisan danuji keefektifan. Uji kevalidan dilakukan oleh dua validator yakni satu orang dosenmatematika dan satu orang guru matematika. Setelah LKS dinyatakan valid kemudiandilakukan uji coba lapangan terhadap LKS untuk mengetahui kepraktisan dan keefektifan LKS. Uji coba lapangan dilakukan pada 32 siswa SMP kelas VIII sebagai subjek uji coba. Hasil uji kepraktisan didapat dari nilai rata- rata lembar pengamatan aktivitas siswa dan guru. Hasil uji keefektifan didapat dari persentase siswa yang memperoleh nilai rata-rata tes di atas 80 (di atas SKM) dan yang memberikan respon positif. Berdasarkan hasil analisis data didapatkan nilai hasil uji kevalidan dan kepraktisan LKS secara berturut-turut adalah 3 57 dan 3 53 dengan nilai maksimalnya adalah 4. Persentase siswa yang memperoleh nilai rata-rata di atas 80 (di atas SKM) adalah 90 62% dan yang memberikan respon positif adalah 90 62%. Berdasarkan hasil analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa LKS yang dikembangkan memenuhi kriteria valid praktis dan efektif.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 06 Oct 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/16009 |
Actions (login required)
View Item |