Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) berbasis pendekatan saintifik pada pokok bahasan transformasi untuk siswa SMP kelas VII / Khusnul Latifa - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) berbasis pendekatan saintifik pada pokok bahasan transformasi untuk siswa SMP kelas VII / Khusnul Latifa

Latifa, Khusnul (2016) Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) berbasis pendekatan saintifik pada pokok bahasan transformasi untuk siswa SMP kelas VII / Khusnul Latifa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Latifa Khusnul. 2016. Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Berbasis Pendekatan Saintifik pada Pokok Bahasan Transformasi untuk Siswa SMP Kelas VII. Skripsi. Jurusan Matematika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Malang. Pembimbing Prof. Dr. Toto Nusantara M.Si. Kata Kunci lembar kegiatan siswa pendekatan saintifik transformasi Sumber belajar dapat dimanfaatkan guru dalam proses pembelajaran. Salah satu sumber belajar yang dapat digunakan adalah lembar kegiatan siswa berbasis pendekatan saintifik. Dengan menggunakan lembar kegiatan siswa berbasis pendekatan saintifik diharapkan siswa dapat menemukan suatu konsep materi yang dipelajari. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan lembar kegiatan siswa berbasis pendekatan saintifik pada pokok bahasan transformasi untuk siswa SMP kelas VII yang valid praktis dan efektif. Model pengembangan dari lembar kegiatan siswa ini adalah model pengembangan Plomp dengan modifikasi (Hobri 2010). Data hasil validasi lembar kegiatan siswa diperoleh dari penilaian validator ahli dan praktisi terhadap produk pengembangan yang telah disusun. Berdasarkan analisis data hasil validasi diperoleh penilaian validitas Rencana Pelaksanaan Pembelajaran V_a 3. Penilaian validitas lembar tes diperoleh V_a 3 16 dan penilaian validitas lembar kegiatan siswa diperoleh V_a 3 11. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa lembar kegiatan siswa berbasis pendekatan saintifik pada pokok bahasan transformasi dinyatakan valid. Data hasil uji kepraktisan lembar kegiatan siswa diperoleh dari respon siswa sebagai subjek uji coba lapangan terhadap lembar kegiatan siswa dan penilaian observer terhadap kesesuaian kegiatan siswa dengan kegiatan pada lembar kegiatan siswa. Berdasarkan analisis data uji kepraktisan diperoleh penilaian respon siswa terhadap lembar kegiatan siswa RT 3 4 dan dari lembar observasi diperoleh RT 3 5. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa lembar kegiatan siswa berbasis pendekatan saintifik pada pokok bahasan transformasi dinyatakan praktis. Data hasil uji keefektifan diperoleh dari hasil tes evaluasi belajar subjek uji coba lapangan. Berdasarkan analisis data hasil tes evaluasi belajar siswa dapat diketahui bahwa nilai reratanya adalah 87 8 yang berarti memenuhi SKM yaitu 75. Sehingga dapat dinyatakan bahwa lembar kegiatan siswa berbasis pendekatan saintifik pada pokok bahasan transformasi efektif untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Oct 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/16008

Actions (login required)

View Item View Item