Pembelajaran matematika realistik untuk meningkatkan pemahaman konsep materi prisma dan limas siswa kelas VIII B SMP Muhammadiyah 3 Ngoro / Cendykia Briliani Lestari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembelajaran matematika realistik untuk meningkatkan pemahaman konsep materi prisma dan limas siswa kelas VIII B SMP Muhammadiyah 3 Ngoro / Cendykia Briliani Lestari

Lestari, Cendykia Briliani (2016) Pembelajaran matematika realistik untuk meningkatkan pemahaman konsep materi prisma dan limas siswa kelas VIII B SMP Muhammadiyah 3 Ngoro / Cendykia Briliani Lestari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Lestari Cendykia Briliani. 2016. PembelajaranMatematikaRealistik untuk MeningkatkanPemahamanKonsepMateriPrismadanLimasSiswaKelas VIII B SMP Muhammadiyah 5 Ngoro. Skripsi. Prodi Pendidikan Matematika Fakultas MIPA Universitas Negeri Malang Pembimbing Prof. Dr. Ipung Yuwono M.S. M.Sc. Kata kunci Pembelajaran Matematika Realistik Pemahaman Konsep Prisma dan Limas Pemahaman konsep merupakan hal dasar yang harus dikuasai oleh siswa dalam pembelajaran matematika untuk dapat menyelesaikan masalah. Salah satu hal yang menyebabkan kurangnya kemampuan siswa dalam memahami suatu konsep matematika adalah sifat matematika yang cenderung abstrak. Siswa pada kelas VIII B SMP Muhammadiyah 5 Ngoro rata rata memiliki pemahaman konsep yang rendah. Hal ini diketahui dari hasil wawancara dengan guru bidang studi matematika di sekolah tersebut juga dari hasil tes siswa pada Ujian Tengah Semester. Oleh karena itu perlu diterapkan pembelajaran matematika realistik yang merupakan pembelajaran dengan menggunakan masalah kontekstual untuk menjembatani konsep matematika yang abstrak menjadi bentuk yang lebih konkret. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Sedangakan jenis penelitiannya adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tahap tahap pembelajaran dalam penelitian ini adalah (1) Pendahuluan pada tahap inipenulis menyampaikan apersepsi dengan melakukan tanya jawab mengenai segiempat dan segitiga membagi siswa kedalam beberapa kelompok. Sedangkan pada tahap selanjutnya (2) inti meliputi 3 langkah RME (a) Memahami masalah kontekstual yang berkaitan dengan prisma dan limas (b) Menyelesaikan masalah kontekstual siswa berdiskusi dengan anggota masing masing kelompoknya untuk menyelesaikan masalah terkait prisma dan limas (c) Membandingkan dan mediskusikan jawaban. Peneliti memberi kesempatan kepada salah satu kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusi kelompok mengenai prisma dan limas dan siswa lainnya memberi pertanyaan atau tanggapan. Pada tahap terakhir (3) penutup siswa mengerjakan kuis secara individual dan muncul langkah ke empat RME yaitu (d) Menyimpulkan peneliti memberi kesempatan kepada siswa untuk menyimpulkan materi prisma dan limas yang telah dipelajari. Penerapan pembelajaran matematika realistik dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa SMP Muhammadiyah 5 Ngoro. Terjadi peningkatan pemahaman konsep dari siklus I ke siklus II. Pada siklus II sejumlah 14 siswa dari 16 siswa dapat menyatakan kembali konsep prisma dan limas secara verbal dan tulisan menggunakan kalimat sendiri mengidentifikasi serta membuat contoh dan bukan contoh prisma dan limas menggunakan model diagram dan simbol simbol untuk merepresentasikan prisma dan limas mengidentifikasi sifat sifat prisma dan limas dan menerapkan konsep prisma dan limas secara algoritma dengan baik. Sedangkan 2 siswa lainnya belum mencapai kemampuan tersebut dengan baik. Untuk penelitian selanjutnya ketika ingin menerapkan pembelajaran matematika realistik hendaknya perlu memperhatikan dalam pemilihan materi. Selain itu Lembar Kerja yang digunakan hendaknya memuat masalah kontekstual. Hal penting lainnya yaitu supaya guru dapat memanajemen waktu dengan baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/16005

Actions (login required)

View Item View Item