Penerapan pembelajaran kooperatif teams games tournament berbantuan kuis interaktif pada materi lingkaran untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas VIII-2 SMPN 21 Malang / Handri Kurniawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kooperatif teams games tournament berbantuan kuis interaktif pada materi lingkaran untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas VIII-2 SMPN 21 Malang / Handri Kurniawan

Kurniawan, Handri (2016) Penerapan pembelajaran kooperatif teams games tournament berbantuan kuis interaktif pada materi lingkaran untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas VIII-2 SMPN 21 Malang / Handri Kurniawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kurniawan Handri. 2016. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Teams Games Tournament Berbantuan Kuis Interaktif PadaMateri Lingkaran Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII-2 SMPN 21 Malang. Skripsi. Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. Sukoriyanto M.Si. Kata Kunci Teams Games Tournament Kuis Interaktif Motivasi Hasil Belajar Matematika merupakan cabang ilmu pengetahuan yang berperan dalam berbagai bidang pengetahuan maka siswa SMP/MTS di Indonesia dituntut untuk bisa menguasai pelajaran matematika.Berdasarkan hasil observasi pada kelas VIII-2 SMPN 21 Malang diperoleh bahwa motivasi belajar siswa terhadap pelajaran matematika rendah. Demikian pula hasil belajarnya yang ditunjukkan oleh nilai UTS pada semester gasal tahun ajaran 2015/2016 dengan persentase ketuntasan klasikal mencapai 44 44%. Pembelajaran kooperatif Teams Games Tournament berbantuan kuis interaktif digunakan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas VIII-2 SMPN 21 Malang. Penelitian ini bertujuanuntuk mendekripsikan langkah-langkah pembelajaran kooperatif Teams Games Tournament berbantuan kuis interaktif yang dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas VIII-2 SMPN 21 Malang. Pendekatan digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Sedangkan jenis penelitiannya adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tahapan penelitian tindakan kelas meliputi perencanaan pelaksanaan tindakan pengamatan dan refleksi. Data yang dikumpulkan antara lain 1) data kegiatan guru dan siswa selama pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran kooperatif TeamsGames Tournament berbantuan kuis interaktif 2) data motivasi belajar selama pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran kooperatif Teams Games Tournament berbantuan kuis interaktif dan 3) data hasil tes akhir siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif Teams Games Tournament berbantuan kuis interaktif dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas VIII-2 SMP Negeri 21 Malang. Langkah-langkah pembelajaran yang digunakan dijabarkan sebagai berikut 1) presentasi kelas mengingatkan siswa terkait materi prasyarat dengan tanya jawab memberikan motivasi berupa cerita terkait manfaat dari materi yang dipelajari atau berupa video pembelajaran menyampaikan tujuan pembelajaran 2) teams siswa dibentuk menjadi kelompok-kelompok heterogen berdasarkan kemampuan akademis jenis kelamin dan kondisi sosial membimbing siswa menyelesaikan kegiatan yang ada pada LKS meminta beberapa kelompok untuk mempresetasikan hasil diskusi 3)games dan tournament siswa mengerjakan soal kuis interaktif membahas soal yang belum dipahami oleh siswa 4) rekognisi tim memberikan penghargaan kepada tiga kelompok yang memperoleh nilai tertinggi. Berdasarkan lembar observasi motivasi belajar siswa pada siklus I didapatkan bahwa 83 33% siswa memperoleh motivasi belajar dalam kategori minimal Baik . Hal ini menunjukan bahwa motivasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika telah memehui kriteria keberhasilan. Sedangkan hasil belajar siswa yang ditunjukan dari nilai tes akhir siklus I memiliki persentase ketuntasan siswa secara klasikal mencapai 69 44% dan belum mencapai kriteria keberhasilan. Pada siklus II persentase siswa yang memperoleh motivasi belajar dalam kategori minimal Baik mencapai 97 22%. Hal tersebut menunjukan bahwa motivasi belajar siswa tehadap mata pelajaran matematika pada siklus II juga memenuhi kriteria keberhasilan. Peningkatan hasil belajar juga tampak pada siklus II. Hal iniberdasarkan persentase ketuntasan siswa secara klasikalpada siklus II mencapai 86 11% dan telah memenuhi kriteria keberhasilan penelitian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/16004

Actions (login required)

View Item View Item