Meningkatkan keaktifan dan hasil belajar matematika siswa siswa dengan pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achivment Divisions (STAD) pada materi lingkaran kelas VIII-G SMP Negeri 2 Malang / Trisna Wulandari - Repositori Universitas Negeri Malang

Meningkatkan keaktifan dan hasil belajar matematika siswa siswa dengan pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achivment Divisions (STAD) pada materi lingkaran kelas VIII-G SMP Negeri 2 Malang / Trisna Wulandari

Wulandari, Trisna (2016) Meningkatkan keaktifan dan hasil belajar matematika siswa siswa dengan pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achivment Divisions (STAD) pada materi lingkaran kelas VIII-G SMP Negeri 2 Malang / Trisna Wulandari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wulandari Trisna. 2016. Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika Siswa dengan Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) Pada Materi Lingkaran Kelas VIII-G SMP Negeri 2 Malang. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Slamet M.Si. Kata Kunci Keaktifan Hasil Belajar Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD). Belajar dan mengajar sebagai suatu proses memiliki unsur-unsur yang saling berkaitan satu sama lain yaitu tujuan pembelajaran terciptanya pengalaman belajar dan hasil belajar. Pada observasi penelitian permasalahan pada kegiatan pembelajaran matematika di kelas VIII-G SMP Negeri 2 Malang adalah kurangnya interaksi siswa dengan guru dalam suasana belajar mengajar karena guru kurang memberikan variasi model pembelajaran yang mengakibatkan kurangnya pemahaman siswa terhadap materi yaitu pada materi lingkaran. Berdasarkan permasalahan itu tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan langkah langkah pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) yang dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar matematika siswa kelas VIII-G SMP Negeri 2 Malang pada materi lingkaran. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas untuk menyelesaikan permasalahan pada kegiatan pembelajaran. Model pembelajaran kooperatif STAD akan diterapkan pada kelas VIII-G SMP Negeri 2 Malang yang akan dilaksanakan selama 2 siklus dimana masing-masing siklus terdiri dari 2 pertemuan. Data yang akan diambil adalah data untuk menilai keaktifan siswa yang diperoleh dari hasil lembar observasi keaktifan siswa dengan kriteria keberhasilan tindakan mencapai Baik atau Sangat Baik dan data hasil belajar siswa yang diperoleh dari nilai kuis individu siswa. Hasil belajar siswa harus mencapai 2 kriteria ketuntasan secara individu dan klasikal yaitu jika 8805 75% jumlah siswa kelas VIII-G mendapat nilai 8805 75. Penelitian difokuskan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan langkah-langkah pembelajaran yang terdiri dari 1) presentasi kelas oleh guru 2) belajar kelompok atau tim 3) kuis 4) skor kemajuan individual dan 5) rekognisi tim. Keaktifan dan hasil belajar siswa kelas VIII-G setelah diterapkan STAD meningkat karena pada setiap langkah-langkah pembelajaran siswa dituntut untuk aktif. Temuan yang didapat dari penelitian ini diantaranya 1) pada presentasi kelas guru melakukan tanyajawab dengan siswa sehingga siswa termotivasi untuk ikut serta dalam kegiatan belajar 2) pada tahap belajar kelompok atau tim siswa menyelesaikan kegiatan pada Lembar Kegiatan Kelompok (LKK) pada tahap ini siswa diminta untuk aktif berdiskusi dan menyelesaikan permasalahan pada LKK serta memastikan semua anggota kelompok memahami materi yang akan menunjang untuk pelaksanaan kuis karena skor kemajuan individual setiap anggota kelompok akan menyumbang skor untuk kelompoknya 3) pada tahap kuis pemahaman siswa akan semua materi dievaluasi 4) tahap pemberian skor kemajuan individual bertujuan untuk memotivasi siswa agar lebih meningkatkan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 26 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/16002

Actions (login required)

View Item View Item