Penerapan pembelajaran kooperatif tipe think pair share materi lingkaran untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VIII-I SMP Negeri 2 Malang / Novita Syahnas - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kooperatif tipe think pair share materi lingkaran untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VIII-I SMP Negeri 2 Malang / Novita Syahnas

Syahnas, Novita (2016) Penerapan pembelajaran kooperatif tipe think pair share materi lingkaran untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VIII-I SMP Negeri 2 Malang / Novita Syahnas. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Syahnas Novita. 2016. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Materi Lingkaran untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas VIII I SMP Negeri 2 Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Edy Bambang Irawan M.Pd Kata Kunci Think Pair Share Kemampuan Berpikir Kreatif Kemampuan berpikir kreatif sangat diperlukan siswa untuk menemukan solusi dari masalah matematika yang dihadapi. Penelitian pendahuluan yang dilakukan di kelas VIII I SMPNegeri 2 Malang ditemukan hanya terdapat 9 375% siswa yang mempunyai kemampuan berpikir kreatif. Persentase kemampuan berpikir kreatif siswa tersebut masih tergolong rendah sehinggadiperlukansuatu model pembelajaran yang dapatmeningkatkankemampuanberpikirkreatifsiswa. Model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share digunakan sebagai salah satu alternatif yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VIII I SMP Negeri 2 Malang. Data pada penelitian ini terdiri dari hasil tes awal kemampuan berpikir kreatif siswa deskripsi tindakan guru dan siswa selama penerapan model hasil pengamatan berupa catatan lapangan serta hasil tes akhir dikumpulkan dan dianalisis. Peningkatan kemampuan berpikir kreatif sebagai dampak tindakan model pembelajaran akan dianalisis berdasarkan kemampuan berpikir lancar (fluency) kemampuan berpikir luwes (flexibility) kemampuan berpikir orisinal (originality) dan kemampuan memperinci (elaboration).Pada penelitian ini materi yang digunakan untuk mengetahui peningkatan berpikir kreatif siswa yaitu materi lingkaran. Hasil penelitian menunjukkan penerapan tindakan pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share yang dapat meningkatakan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VIII I SMP Negeri 2 Malang adalah sebagai berikut. Pendahuluan memberikan motivasi dan apersepi tentang materi lingkaran dengan banyak solusi. Think guru meminta siswa untuk mengamati permasalahan pada materi lingkaran dan menuliskan beberapa pertanyaan secara individu. Pair guru memfasilitasi siswa secara berpasangan untuk mengumpulkan data dan mengasosiasi hubungan unsur unsur lingkaran serta hubungan sudut pusat dan sudut keliling dengan memberikan beberapa kesimpulannya. Share dilakukan oleh beberapa kelompok kemudian secara klasikal sehingga memberi kesempatan kepada siswa lain yang tidak melakukan presentasi dan memberi siswa kesempatan untuk memahami ciri ciri masalah lingkaran yang memiliki banyak solusi. Penutup guru memberi siswa kesempatan untuk menuliskan kesimpulan apa yang telah dipelajari sesuai dengan kemampuan berpikir kreatif siswa. Analisis data juga menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif siswa meningkat menjadi 75% siswa kelas VIII I tergolong sangat kreatif kelancaran dalam menuliskan ide ide dalam penyelesaian masalah lingkaran meningkat keluwesan dalam menyelesaikan masalah lingkaran dalam beberapa

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 25 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/16000

Actions (login required)

View Item View Item