Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together untuk meningkatkan hasil belajar transformasi siswa SMP Negeri 9 Malang / Zindy Alfia Rohmatika - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together untuk meningkatkan hasil belajar transformasi siswa SMP Negeri 9 Malang / Zindy Alfia Rohmatika

Rohmatika, Zidny Alfia (2016) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together untuk meningkatkan hasil belajar transformasi siswa SMP Negeri 9 Malang / Zindy Alfia Rohmatika. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rohmatika ZidnyAlfia. 2016. Penerapan Model PembelajaranKooperatifTipe Numbered Head Together untukMeningkatkanHasilBelajarTransformasiSiswa SMP Negeri 9 Malang. Skripsi JurusanMatematika FMIPA UniversitasNegeri Malang. Pembimbing Dr. RustantoRahardi M.Si. Kata Kunci Numbered Head Together hasilbelajar transformasi Berdasarkanhasilobservasi siswakelas VII-G SMP Negeri 9 Malang perludiberdayakanuntuklebihantusias aktifdanbertanggungjawabdalamkegiatanpembelajaranagar hasilbelajarnyadapatmeningkat.Hal inidikarenakanguru menerapkan model pembelajarankonvensionalsehinggasiswakurangberperanaktifdalamkegiatanpembelajarandanhasilbelajarnyarendah.Melibatkanseluruhsiswadanmemberikankesempatansiswauntukbekerjasamadengansiswa lainmerupakanalternatif yang dapatmeningkatkankeaktifandantanggungjawabsiswa. Model pembelajaran yang sesuaidenganalternatifiniadalah model pembelajarankooperatiftipeNumbered Head Together (NHT). Tujuandaripenelitianiniadalahuntukmendeskripsikanlangkah-langkahpembelajarankooperatiftipe NHT yang dapatmeningkatkanhasilbelajartransformasisiswa SMP Negeri 9 Malang.PenelitianinimerupakanPenelitianTindakanKelas (PTK).Subjekpadapenelitianiniadalahsiswakelas VII-G yang berjumlah 31 siswa.Pembelajarankooperatiftipe NHT yang dapatmeningkatkanhasilbelajarsiswameliputi (1) kegiatanpendahuluan yaituapersepsi motivasi penyampaiantujuanpembelajarandanaturanpelaksanaanpembelajarandengan model NHT (2) kegiataninti yang terdiridarilangkahnumbering questioning head togetherdananswering. Padalangkahquestioning guru membagikanLembarKegiatanSiswa (LKS) kepadasetiapkelompokdanmemintasiswamengamatipermasalahanpada LKS.Guru jugamemberikesempatansiswauntukbertanyaterkaitpermasalahantersebut (3) kegiatanpenutup yaitu guru bersamasiswamembuatkesimpulanterkaitmateri yang telahdipelajari. Hasilpenelitianpadasiklus I menunjukkanbahwahasiltesakhirsiklusmencapaiketuntasansebesar 64 52 % sertaaktivitas guru dansiswatermasukdalamkategori SangatBaik . Padasiklusinisiswamasihmengalamikesulitandalammenentukankoordinatbayanganmaupunmelukiskangambarbayanganhasiltransformasipadabidangkoordinat.Olehkarenaitu hasilpenelitianpadasiklus I belummemenuhikriteriakeberhasilanpenelitiansehinggadilanjutkanpadasiklusselanjutnya. Hasilpenelitianpadasiklus II menunjukkanbahwahasiltesakhirsiklusmencapaiketuntasansebesar 87 1 % sehinggamengalamipeningkatandarisiklus I sebesar 22 58 %. Sementaraaktivitas gurudansiswatetaptermasukdalam

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15999

Actions (login required)

View Item View Item